Wawali Palu Ikuti Jamuan Makan Secara Adat Kulawi

id sigi

Wawali Palu Ikuti Jamuan Makan  Secara Adat Kulawi

Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said mengikuti jamuan makan siang secara adat usai mengikuti jalannya acara peringatan HUT Kabupaten Sigi Ke-IX di gedung serbaguna Bolapapu Kecamatan Kulawi Raya, Rabu (12/7) siang. (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Sigi,  (Antarasulteng.com) - Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sigit Purnomo Said alias Pasha mengikuti jamuan makan siang secara adat di gedung serbaguna Bolapapu Kecamatan Kulawi Raya, Rabu.

Jamuan makan siang secara adat merupakan salah satu acara pada peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Sigi ke-IX yang digelar di Lapangan Sepakbola Bolapapu Kulawi Raya.

Tradisi masyarakat kulawi dalam jamuan makan secara adat yaitu undangan yang hadir tidak dibenarkan dan dibolehkan mencuci tangan setelah menikmati makanan yang dihidangkan kepada-nya.

Tamu undangan dapat dan diperkenankan mencuci tangan setelah semua undangan telah selesai makan, dan raja (Madika) telah selesai.

Apabila terdapat salah satu undangan yang ikut dalam jamuan makan secara adat, kemudian mencuci tangan setelah makan sementara undangan lainnya masih sementara makan. Maka yang bersangkutan akan dikenakan hukuman secara adat (Givu).

Sigit Purnomo mengaku baru pertama kali menginjakkan kakinya di Kecamatan Kulawi Raya Kabupaten Sigi, lewat momen hari ulang tahun kabupaten itu.

"Saya belasan tahun di Jakarta sebagai artis, dan sekarang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu, ini pertama kali saya datang ke Kulawi," ujarnya.

Sigit sempat tampil di panggung untuk menyanyikan tiga buah lagu permintaan masyarakat setempat disela-sela acara peringatan hut kabupaten itu.

"Pak bupati buat acara yang meriah seperti ini, apakah masyarakat suka ? suka Wakil Wali Kota Palu datang lagi ?," tanya Sigit kepada masyarakat yang begitu antusias menyaksikan dirinya tampil di panggung.

Masyarakat dan aparatur sipil negara di kabupaten tersebut menjawab suka dengan kegiatan seperti itu serta kehadiran Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said.

Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said merupakan salah satu pejabat daerah yang menghadiri dan megikuti jalannya acara peringatan HUT Kabupaten Sigi yang dipimpin langsung oleh Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta.