Senin, 24 Juli 2017

DPRD: Donggala Rawan Tsunami Dan Gempa

id gempa
DPRD: Donggala Rawan Tsunami Dan Gempa
Ilustrasi (ANTARA)
Donggala, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, menyebut daerah itu rawan bencana alam gempa bumi dan tsunami.

Ketua DPRD Donggala Mohammad Yasin, Sabtu mengemukakan, sebagian besar wilayah Donggala merupakan laut yang berbatasan Selat Makassar serta letaknya berhadapan dengan laut lepas.

"Informasi yang kami terima bahwa ke depan potensi tsunami di laut Donggala, yaitu 9 kilometer per menit," kata Mohammad Yasin.

Yasin menyebutkan, Pemkab Donggala harus melakukan antisipasi dan penanggulangan bencana alam yang besar sejak dini.

Politisi Partai Gerindra itu mengakui bahwa setiap tahunnya legislatif mengalokasikan anggaran tanggap bencana dan anggaran rencana penanggulangan bencana kepada BPBD setempat.

"Memang jumlahnya tidak terlalu banyak, tetapi setiap tahunnya anggaran yang diberikan selalu naik, bukan turun," ujarnya.

Ia juga mengaku bahwa Pemkab Donggala lewat BPBD belum menyusun rencana aksi penanggulangan bencana dan evakuasi warga ketika terjadi bencana.

Padahal, urai dia, jalur evakuasi warga ketika terjadi bencana sangat penting untuk dibuat dan dipasang oleh BPBD agar diketahui masyarakat.

"Mestinya ada identifikasi daerah rawan bencana, kemudian memasang jalur-jalur evakuasi agar masyarakat tahu," katanya.

Dia meminta Pemkab Donggala segera melakukan perencanaan penanggulangan bencana alam baik dari darat maupun laut. (skd) 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga