Parigi Moutong Siap Sukseskan TDCC

id celebes

Parigi Moutong Siap Sukseskan TDCC

Ilustrasi (FOTO ANTARA/Ismar Patrizki)

...setiap daerah yang ikut disinggahi para peserta balap ini agar mempersiapkan acara promosi wisata dan investasi pada malam hari.
Parigi Moutong, Sulteng (antarasulteng.com) - Wakil Bupati Parigi Moutong, H. Badrun Nggai, SE menyatakan, Kabupaten Parigi Moutong siap menyukseskan event Tour de Central Celebes (TDCC) yang akan dihelat 06 - 08 November mendatang. 

Kesiapan itu disampaikan Wakil Bupati pada Rapat Koordinasi TDCC di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah,  Selasa (18/7). 

"Selaku daerah yang akan dilintasi dan ikut disinggahi, kami tentu siap membantu menyukseskan kegiatan ini,"kata Badrun Nggai. 

TDCC merupakan agenda Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka mempromosikan destinasi wisata dan pengenalan investasi Sulteng lewat olahraga balap sepeda.

TDCC akan melewati rute mulai dari Kabupaten Tojo Unauna sebagai lokasi star, kemudian menuju Kabupaten Poso (etape kedua), selanjutnya ke Kabupaten Parigi Moutong (etape ketiga), Kabupaten Sigi (etape keempat) dan finish Kota Palu ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. 

TDCC akan diikuti sedikitnya 12 Negara, dengan jumlah peserta Internasional sebanyak 117 orang, nasional 125 orang dan pembalap lokal kurang lebih 1000 orang dengan jarak tempuh 482,2 kM. 

Gubernur Sulawesi Tengah, Drs H Longki Djanggola MSi yang memimpin langsung rapat koordinasi itu meminta seluruh panitia TDCC untuk berkoordinasi secara intensif dengan berbagai pihak agar penyelenggaraan kegiatan olahraga wisata berskala internasional yang pertama kali digelar di Sulawesi Tengah ini dapat berjalan sukses.

Gubernur meminta setiap daerah yang ikut disinggahi para peserta balap ini agar mempersiapkan acara promosi wisata dan investasi pada malam hari. 

"Silakan di acara welcome dinner itu setiap daerah memperkenalkan potensi wisatanya, tapi waktunya dibatasi hanya sampai jam 10 malam karena peserta harus beristirahat,"pintanya

Mantan Bupati Parigi Moutong itu juga menyarankan agar finish di etape ketiga Kabupaten Parigi Moutong bukan di Kayu Bura seperti yang direncanakan diawal, melainkan di Halaman Kantor Bupati, sehingga akan memudahkan panitia untuk memobilisasi peserta menuju hotel. 

"Saran saya finish dari etape kedua di halaman kantor Bupati, tetapi star untuk etape ketiga itu di Kayu Bura, sehingga akan sangat efisien waktunya,"saran Longki. 

Terkait akomodisi, Longki menambahkan jika penginapan di Parigi tidak mencukupi, ia menyarankan agar Pemda Parigi Moutong menyiapkan tenda barak seperti yang dilakukan pada acara Sail Tomini 2015. 

"Kita jangan terlalu kaku menerjemahkan aturan aturan konsultan, kalau memang hotel tidak mencukupi, saran saya siapkan tenda barak seperti yang dilakukan pada acara Sail Tomini,"tandasnya.

Rapat Koordinasi ini dihadiri para kepala daerah yang wilayahnya akan dilalui TDCC. Kabupaten Tojounauna dihadiri Bupati Tojouna, Mohammad Lahay SE, Bupati Poso Darmin Sigilipu, Wakil Bupati Sigi Paulina SE, Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai SE dan Walikota Palu diwakili Asisten II.