Alumni Untad Raih Doktor Manajemen Kehutanan di IPB

id Wisuda, Toga, Sarjana

Alumni Untad Raih Doktor Manajemen Kehutanan di IPB

Ilustrasi (ANTARA)

"Memang dia lahir di Makassar, tetapi dari SD sampai sarjana semuanya di Palu,"
Palu (antarasulteng.com) - Seorang alumni dari Universitas Tadulako yang kini menjadi dosen tetap di Universitas Mataram, Andi Chaeril Iksan akan dikukuhkan menjadi doktor di bidang manajemen kehutanan di Institut Pertanian Bogor, Senin (24/7).

Dalam disertasi doktornya Andi Chaeril melakukan penelitian di Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) karena kawasan itu merupakan paru-paru dunia yang perlu diteliti.

Pria kelahiran Desember 1983 itu mengenyam pendidikan di Kota Palu sejak dari Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, SMP 2 dan SMA 5 Palu hingga meraih gelar sarjana satu kehutanan di Universitas Tadulako Palu.

"Memang dia lahir di Makassar, tetapi dari SD sampai sarjana semuanya di Palu," kata orang tua Chaeril, Andi Baso Syarifuddin, di Palu, Minggu malam.

Mantan dosen di Universitas Tadulako itu mengatakan, dirinya bangga karena sebagai orang tua yang hanya mengenyam pendidikan strata satu justru anaknya bisa meraih gelar doktor di universitas terkenal di Indonesia.

Sayangnya, Andi Baso tidak bisa menghadiri pengukuhan doktor putra keduanya itu. "Hanya ibunya saja yang berangkat, menyaksikan pengukuhan anak kami," katanya. 

Dia mengatakan putra keduanya itu mendapat gelar doktor kurang dari tiga tahun dengan konsentrasi studi manajemen kehutanan. Jenjang pengetahuan Chaeril selama ini linier di bidang kehutanan.

Dia meraih gelar magister di Institut Pertanian Bogor hanya dalam waktu kurang dari dua tahun.***