BPBD Sigi Kembali Imbau Warga Waspada Bencana

id bpbd

BPBD Sigi Kembali Imbau Warga Waspada Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (antaranews)

Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kembali mengimbau warganya untuk waspada kemungkinan terjadinya bencana alam karena cuaca masih belum normal.

"Curah hujan di wilayah Sigi beberapa hari ini dan ke depan masih ekstrem sehingga perlu mendapat perhatian masyarakat," kata K epala BPBD Sigi, Reskin Rasse, Kamis.

Ia mengatakan beberapa hari ini hujan mengguyur hampir seluruh wilayah di Kabupaten Sigi sehingga menimbulkan banyak terlihat titik-titik longsor.

Begitu pula beberapa sungai di daerah itu, airnya meningkat dan keruh.

Banjir sewaktu-waktu bisa terjadi dan jika datang secara tiba-tiba dapat mengancam keselamatan masyarakat, terutama mereka yang bermukim di daerah aliran sungai (das).

Sebagian besar permukiman penduduk di Kabupaten Sigi berada di dekat das. Bahkan ada sejumlah rumah seperti di Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, kini terancam dibawa arus sungai.

Kondisinya sangat memprihatinkan dan jika datang banjir,bisa terbawa arus.

Karena itu, pihaknya mengingatkan warga yang bermukim di dekat das untuk tetap siaga dan segera mengungsi jika air sungai mulai menunjukan tanda-tanda akan datang banjir sehingga terhindari dari hal-hal yang dapat mengancam keselamatan jiwa.

Di Kabupaten Sigi ada banyak wilayah yang selama ini rawan bencana alam banjir dan tanah longsor.

Seperti Kecamatan Lindu, Pipikoro, Kulawi Selatan, Kulawi Raya, Dolo, Marowola dan Gumbasa.

Selain banyak sungai, juga kondisi tanah labil sehingga mudah banjir dan longsor saat intensitas curah hujan meningkat. (skd)