Indonesia-Afghanistan bahas peluang kerja sama penerbangan komersial

id duta

Indonesia-Afghanistan bahas peluang kerja sama penerbangan komersial

Duta Besar RI untuk Afghanistan Arief Rachman (ist)

Jakarta (antarasulteng.com) - Duta Besar RI untuk Afghanistan Arief Rachman bertemu dengan Kepala Otoritas Penerbangan Sipil Afghanistan Mahmood Shah Habibi untuk membahas peluang kerja sama antara Indonesia dan Afghanistan di sektor penerbangan komersial.

Pertemuan tersebut dilakukan di Kantor Afghanistan Civil Aviation Authority (ACAA) di Kota Kabul pada Senin (31/7), seperti disampaikan dalam keterangan pers dari KBRI Kabul yang diterima di Jakarta, Selasa.

Pada kesempatan itu, Dubes RI Arief Rachman menyampaikan inisiatif Indonesia untuk menjajaki pembukaan jalur penerbangan komersial langsung, baik pesawat penumpang maupun kargo, antara Kabul-Jakarta guna mendorong peningkatan kerja sama ekonomi terutama perdagangan dan investasi kedua negara.

Dubes Arief juga menyampaikan bahwa ada maskapai penerbangan Indonesia yang berminat untuk melakukan kerja sama penerbangan komersial dengan pihak Afghanistan. 

Terkait hal tersebut, pihak KBRI Kabul memohon koordinasi dan kerja sama pihak Otoritas Penerbangan Sipil Afghanistan (ACAA), terutama dalam pengumpulan data dan informasi penting terkait penerbangan komersial di Afghanistan untuk analisa dan pertimbangan lebih lanjut.

Kepala ACAA Mahmood Shah Habibi menyambut baik inisiatif Indonesia tersebut dan menyampaikan bahwa pihak Afghanistan membuka kesempatan bagi kerja sama penerbangan komersial dengan negara-negara kawasan Asia Pasifik, khususnya Indonesia.

Selain itu, pihak ACAA juga mengungkapkan bahwa terdapat potensi besar bagi peluang kerja sama penerbangan komersial di Afghanistan mengingat membaiknya kondisi ekonomi negara tersebut.

Terkait dengan inisiatif kerja sama tersebut, pihak ACAA menyatakan bahwa Indonesia dan Afghanistan saat ini belum memiliki perjanjian di bidang pelayanan penerbangan udara, namun ACAA menyarankan untuk membuat Nota Kesepahaman antara Badan Otoritas Penerbangan Sipil kedua negara terlebih dahulu sebagai dasar bagi kerja sama penerbangan komersil antara Indonesia-Afghanistan.

Selanjutnya, pihak ACAA juga membuka peluang bagi perusahaan kontruksi asal Indonesia untuk berpartisipasi dalam proyek pengembangan Bandara Internasional Hamid Karzai yang saat ini masih dalam tahap awal persiapan. (skd)