Sigi Libatkan Rektor IAIN Bina Kerukunan Beragama

id iain

Sigi Libatkan Rektor IAIN Bina Kerukunan Beragama

Rektor IAIN Palu Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag (Zulfakar/ Humas IAIN)

Kami selalu menghadirkan Rektor IAIN Palu Prof Zainal Abidin MAg sebagai tokoh pluralisme dan kulturalisme untuk menjadi narasumber dalam membina kerukunan antarumat beragama di Sigi
Palu,  (antarasulteng.com) - Kementerian Agama Kabupaten Sigi melibatkan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof Dr H Zainal Abidin MAg untuk membina dan memelihara kerukunan antarummat beragama di daerah tersebut.

"Kami selalu menghadirkan Rektor IAIN Palu Prof Zainal Abidin MAg sebagai tokoh pluralisme dan kulturalisme untuk menjadi narasumber dalam membina kerukunan antarumat beragama di Sigi," kata Kepala Seksi Bimas Kristen Kantor Kemenag Sigi, Sony, yang dihubungi Sony di Palu, Selasa.

Sony menyebut Rektor IAIN Palu kembali akan diberikan ruang sebagai narasumber tunggal pada dialog lintas agama dengan tema mempererat kerukunan antaragama dalam bingkai NKRI yang digelar Selasa (8/8) di Aula Kemenag Sigi.

Prof Zainal Abidin, kata dia, akan mengulas tentang persamaan-persamaan dalam agama, sehingga membentuk pemikiran agama bagi penganut agama dan pimpinan gereja untuk mewujudkan toleransi dan kerukunan di Kabupaten Sigi.

Menurut dia, pimpinan gereja se-Kabupaten Sigi perlu diberikan pemahaman tentang kerukunan antaragama serta nilai-nilai perbedaan agama yang terjadi.

Hal ini, kata dia, untuk menjawab sekaligus membendung munculnya prasangka buruk antara satu kelompok penganut agama tertentu dengan agama lain.

"Dialog ini untuk menambah pengetahuan yang bertujuan meningkatkan kerukunan antarsesama pemeluk agama," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa Kemenag Sigi menghadirkan pimpinan gereja pada dialog lintas agama meliputi Gereja Bala Keselamatan, Gereja Pantekosta, Gereja Protestan Indonesia di Donggala (GPID) dan beberapa pimpinan gereja lainnya.

Sementara itu Rektor IAIN Palu Prof Zainal Abidin MAg mengatakan bahwa dirinya akan memberikan pemahaman kepada kurang lebih 50 pendeta atau pimpinan gereja se-Kabupaten Sigi di Aula Kemenag Sigi. (skd)