Indonesia tuan rumah pengibaran bendera ASEAN di Hongaria

id asean

Indonesia tuan rumah pengibaran bendera ASEAN di Hongaria

Ilustrasi bendera negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). ( aseansec.org)

London (antarasulteng.com) - Indonesia didaulat oleh empat perwakilan negara anggota ASEAN yang berada di Hongaria untuk menjadi tuan rumah pengibaran bendera ASEAN pada hari jadi perhimpunan negara-negara Asia Tenggara itu yang ke-50, yang dilaksanakan di Wisma Duta Republik Indonesia, Selasa.

Acara tersebut dihadiri oleh Deputy State Secretary, Kementerian Luar negeri dan Perdagangan Hongaria, Szilvester Bus, Direktur Jenderal Asia Pasifik, Sandor Sipos, para Duta Besar Negara Sahabat, tokoh masyarakat juga para Duta Besar Negara anggota ASEAN, demikian Pensosbud KBRI Budapest kepada Antara London, Rabu,

Di Hongaria terdapat lima perwakilan negara anggota ASEAN yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam,

Dalam sambutannya, Dubes RI selaku tuan rumah menyambut baik pengibaran bendera ASEAN di Wisma Duta RI dan mengajak hadirin untuk lebih mengenal ASEAN dan the ASEAN Way yakni ikatan persaudaraan yang terjalin kuat.

Pada kesempatan yang sama, Dubes Filipina untuk Hongaria, Maria Fe T. Pangilinan, dalam pidatonya menyampaikan tantangan ASEAN menuju 2025 membutuhkan kerja sama yang solid antara negara anggotanya, untuk menyelesaikan permasalah dengan musyawarah dan lebih terlibat dalam masalah-masalah dunia untuk masa depan yang lebih baik.

Sementara, Deputy State Secretary, Kementerian Luar negeri dan Perdagangan Hongaria, Szilvester Bus sebagai perwakilan pemerintah Hongaria menyampaikan ASEAN merupakan partner penting Hongaria dan negara Eropa Tengah lainnya. 

Hongaria sebagai negara dengan perkembangan paling pesat di Eropa Tengah merupakan mitra tepat bagi negara-negara ASEAN untuk mengembangkan kerja sama baik dalam bidang ekonomi dan perdagangan maupun bidang politik. Disampaikan pula oleh Bus, bahwa ASEAN memiliki dinamika positif yang dapat menginspirasi baik Hongaria maupun UE.

Acara peringatan 50 tahun ASEAN berlangsung sukses dan banyak dihadiri kalangan pemerintahan, pejabat diplomatik, tokoh masyarakat dan media merupakan sinyal positif mengenai kedudukan ASEAN dimata counterparts-nya. Kuatnya kerja sama antara negara-negara ASEAN juga semakin mempertegas kekuatan ASEAN di Eropa. (skd)