Podsi Sulteng Bertekad Tingkatkan Prestasi Atlet

id dayung

Podsi Sulteng Bertekad Tingkatkan Prestasi Atlet

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Ketua Harian Pengprov PODSI Sulawesi Tengah, Thamrin Samauna bertekad untuk meningkatkan prestasi atlet olahraga dayung di daerah itu.

Salah satu program peningkatan prestasi atlet adalah akan melaksanakan Musyawarah Provinsi (Musprov) yang ada diikuti seluruh pengurus dari sejumlah kabupaten/kota di Sulteng, kata Ketua KONI Sulteng Thamrin Samauna, Selasa.

Musprov PODSI dijadwalkan berlangsung di Palau pada 19-20 Agustus 2017 dengan agenda pemilihan pengurus baru dan pertanggungjawaban keuangan pengurus lama.

Siapapun nanti yang akan duduk dalam kepengurusan Pengprov PODSI Sulteng yang baru harus bisa memajukan prestasi olahraga dayung di tingkat nasional.

Oleh sebab itu, kata Thamrin, pengurus yang baru nanti adalah mereka yang benar-benar mau berkorban untuk mencetak pedayung-pedayung berprestasi dalam kegiatan nasional maupun internasional.

Apalagi, kata dia, dayung selama ini sudah melahirkan atlet nasional yang telah beberapa kali mengharumkan Sulteng dan "Merah Putih" di berbagai kejuaraan internasional.

Dalam beberapa kali pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) hingga PON di Jabar 2016, cabang dayung ikut menyumbangkan medali bagi kontingen Sulteng.

Dan di PON XX di Papua pada 2020, Pengprov PODSI dan KONI Sulteng juga menargetkan dayung sebagai salah satu cabang unggulan yang diharapkan dapat meraih medali.

Sebagai cabang unggulan, maka pembinaan atlet harus dilakukan dengan baik dan profesional baik dilakukan melalui PPLP (Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar) maupun Pengprov PODSI Sulteng.

Kebanyakan atlet dayung yang berprestasi di Sulteng menjalani pembinaan melalui wadah PPLP milik Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) di daerah itu.

Dia juga mengatakan saat ini ada atlet dayung yang sedang menjalani latihan di Pelatnas. (skd)