Presiden Jokowi: Harga kompetitif kunci keberhasilan kedai kopi

id jokowi

Presiden Jokowi: Harga kompetitif kunci keberhasilan kedai kopi

Presiden Jokowi (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Kita ingin mengenalkan brand lokal dengan bahan baku kopi 100% dari negara kita, Indonesia
Jakarta (antarasulteng.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan harga yang kompetitif menjadi salah satu kunci keberhasilan usaha kedai kopi yang banyak dilakoni anak muda Indonesia.

"Pertama, karena harganya kompetitif. Rasanya enak dan pas, harganya lebih murah," kata Presiden di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

Indonesia, menurut Presiden, memiliki banyak ragam varietas kopi, seperti kopi dari Gayo, Mandailing, Wamena, Jember dan Kintamani.

Kendati mengaku tidak mengkonsumsi kopi setiap hari, Presiden menyatakan akan terus mempromosikan komoditas lokal Indonesia, termasuk minuman kopi.

Presiden Jokowi juga menilai bahwa peracik minuman kopi (barista) juga berperan penting dalam menyajikan kopi yang enak dan bernilai tambah menghadapi persaingan.

"Sekarang tergantung bagaimana mengolah. Itulah pentingnya barista-barista, karena itu jangan jualan kopi mentah lagi," ujar Presiden.

Pengembangan ekonomi dari komoditas kopi, dinilai Presiden masih berpotensi untuk ditingkatkan, antara lain pelatihan agar barista menjadi lebih profesional.

Kepala Negara dan Pemerintahan Republik Indonesia itu menambahkan akan menyajikan kopi khas Indonesia kepada tamu negara selama perayaan hari ulang tahun ke-72 RI di Istana Kepresidenan.

"Kita ingin mengenalkan brand lokal dengan bahan baku kopi 100% dari negara kita, Indonesia. Rasanya? Silakan pesan langsung dan bandingkan dengan brand-brand luar," demikian Presiden Joko Widodo.