Politisi Hanura Himbau RT-RW Rawat Kerukunan Beragama

id hanura

Politisi Hanura Himbau RT-RW Rawat Kerukunan Beragama

a (antaranews)

Palu,  (Antarasulteng.com) - Anggota Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kota Palu, Sulawesi Tengah, Ridwan H Basatu menghimbau ketua-ketua rukun tetangga dan rukun warga di Kelurahan Petobo untuk menjaga serta merawat kerukunan antarumat beragama.

"Keutuhan kerukunan antarsesama masyarakat dan antaragama harus di pertahankan, dijaga agar tetap bersatu," ungkap Ridwan H Basatu saat menyampaikan sambutan pada penutupan kegiatan peringatan HUT RI ke-72 tahun oleh warga RT 03 RW 09 Kelurahan Petobo Kota Palu, Kamis malam.

Politisi Partai Hati Nurani Rakyat ini menyebut tokoh-tokoh masyarakat seperti RT dan RW perlu melakukan pendekatan untuk membina masyarakat.

"Salah satu model pendekatan yaitu, membuat kegiatan dalam momen HUT RI. Hal ini sangat baik, saya mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang bersifat pembinaan dan hiburan yang telah dilakukan," ujarnya.

Ia mengaku bangga dengan warga di RT 03 RW 09 kompleks BTN Permain Kelurahan Petobo yang umumnya non-muslim, namun dapat bergandengan tangan dalam kehidupan dengan warga muslim di kompleks tersebut.

Ia juga mengakui bahwa warga kompleks tersebut memiliki persatuan yang kuat, bahkan setiap tahunnya momen kemerdekaan Indonesia selalu menggelar kegiatan.

"Saya tahu setiap tahun di RT 03 ini sering ada kegiatan yang melibatkan semua warga," kata Ridwan.

Ia menyatakan kegiatan yang telah dilakukan oleh warga komplek tersebut, secara bentuk mungkin tidak memiliki daya tarik bagi yang lain.

Namun secara substansi, memiliki nilai dan makna yang sangat besar yaitu membangun keutuhan kerukunan beragama.

"Akhir-akhir ini banyak problem yang diperhadapkan dengan negara kita, salah satunya yaitu adanya gerakan untuk mengganti pancasila sebagai ideologi negara. Ini harus di lawan. Cara untuk melawan yaitu hanya dengan kebersamaan dan persatuan antarsesama manusia dan pemeluk agama," terangnya.