PB PODSI: Prestasi Atlet Dayung Sulteng Era 90an Membanggakan

id kejurnas

PB PODSI: Prestasi Atlet Dayung Sulteng Era 90an Membanggakan

Peserta kejurnas dayung antara PPLP/PPLD dan SKO di Palu dari 23-28 Agustus 2017. (Foto Anas Massa)

"Ini membuktikan bahwa Sulteng merupakan daerah yang banyak melahirkan atlet iven dalam maupun luar negeri," kata dia.
Palu, (antarasulteng.com) - Wakil Ketua Umum PB Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Imam Santoso mengatakan prestasi atlet dayung Sulawesi Tengah pada era 90an di tingkat nasional maupun internasional sangat membanggakan Indonesia.

"Olahraga dayung di Sulteng bukanlah olahraga baru, tetapi sudah lama dan telah memberikan kontribusi besar terhadap Indonesia di berbagai kejuaraan dunia," katanya di sela-sela pembukaan Kejurnas Dayung antar PPLP/PPLD dan SKO di Palu, Rabu.

Imam mengatakan di era tersebut ada beberapa atlet cabang olahraga dayung yang prestasinya bersinar dan membanggakan bagi Indonesia.

Dia tidak menyebutkan tetapi mengaku bahwa ada sejumlah atlet dayung asal Provinsi Sulteng yang berhasil mengukir prestasi terbaik dan mengharumkan "Merah Putih" di iven nasional maupun internasional.

Pada beberapa kali pelaksanaan PON atlet dayung Sulteng berhasil meraih medali.

"Ini membuktikan bahwa Sulteng merupakan daerah yang banyak melahirkan atlet iven dalam maupun luar negeri," kata dia.

Tentu keberhasilan tersebut tidak semudah apa yang kita bayangkan, tetapi melalui sistem pembinaan yang terprogram dengan baik dan berkesinambungan.

Salah satu bukti bahwa pembinaan atlet di Sulteng berjalan dengan baik adalah salah satu pedayung asal Sulteng atas nama Rio sekarang ini masuk dalam skuad tim "Merah Putih" yang berlaga di Sea Games Malaysia dan berhasil merebut medali perunggu.

"Saya sangat berharap dari kejurnas ini akan lahir Rio-Rio baru untuk menjadi atlet nasional yang dapat mengharumkan nama Indonesia di Sea Games dan Asian Games serta kejuaraan internasional," harap Imam.

Atas nama PB PODSI, Imam menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulteng, H Longki Djanggola yang telah bersedia menjadi tuan rumah pelaksanaan kejurnas dayung pertama kali di provinsi ini.

PB PODSI sangat berharap kejurnas di Palu yang berlangsung di "Teluk Palu" akan melahirkan atlet-atlet nasional sebagai aset bangsa untuk masa depan.(BK03)