Merkel dan Trump kompak ingin sanksi lebih keras kepada Korut

id trump

Merkel dan Trump kompak ingin sanksi lebih keras kepada Korut

Kanselir Jerman Angela Merkel bersama Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam pertemuan di Gedung Putih, Washington, AS, Jumat (17/3/2017). (reuters)

Berlin (antarasulteng.com) - Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump  mengutuk uji coba senjata nuklir Korea Utara dan mendesak PBB secepatnya menyepakati sanksi yang lebih keras kepada Pyongyang.

"Keduanya sepakat bahwa uji coba bom hidrogen diartikan sebagai eskalasi baru tak bisa diterima oleh rezim Korea Utara," kata juru bicara pemerintah Jerman Steffen Seibert seperti dikutip Reuters.

"Kanselir Jerman dan Presiden Amerika mengutarakan pandangan bahwa komunitas internasional harus terus meluaskan tekanan kepada rezim Korea Utara dan bahwa Dewan Keamanan PBB mesti secepatnya mengadopsi sanksi yang lebih jauh dan lebih ketat," sambung Seibert.

Merkel berkata kepadaTrump bahwa Jerman akan mendorong sanksi yang lebih keras kepada Korea Utara lewat Uni Eropa, kata Seibert.

Dia menambahkan, "Tujuannya adalah mencegah Korea Utara tidak melakukan pelanggaran hukum internasional dan untuk mencapai solusi damai demi konflik ini." (skd)