Sri Irmayati dan Ishak Basir kandidat Ketua HIPMI Sulteng

id HIPMI

Sri Irmayati dan Ishak Basir kandidat Ketua HIPMI Sulteng

Ketua HIPMI Sulteng, Astrid Sandagang sedang menandatangani nota kesepahaman yang disaksikan Asisten II Pemprov Sulteng Bunga Elim Somba, Kadis Pariwisata Sulteng Ardiansyah Lamasitudju dan Perwakilan HIPMI Pusat. (www.antarasulteng.com/Fauzi)

Musda Hipmi Sulteng akan digelar 4 Oktober 2017 di Hotel The Sya Regency
Palu (antarasulteng.com) - Dua orang kader Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sulawesi Tengah, Sri Irmayati dan Ishak Basir, akhirnya ditetapkan sebagai calon Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Hipmi, untuk selanjutnya akan bertarung pada musyawarah daerah organisasi para pengusaha muda itu, pada 4 Oktober 2017 nanti.

Ketua Umum BPD Hipmi Sulteng Astrid Novitri Sandagang mengatakan di Palu, Selasa, kedua calon itu memenuhi persyaratan sebagai calon ketua umum seperti yang disyaratkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta Petunjuk Organisasi (AD, ART dan PO) yang telah disepakati.

Persyaratan yang ditetapkan menurut AD, ART dan PO itu antara lain telah menjadi pengurus BPD HIPMI sekurang-kurangnya tiga tahun yang dibuktikan dengan surat keputusan, mengikuti Pendidikan dan Latihan Daerah yang dibuktikan dengan sertifikat, telah membayar iuran anggota yang dibuktikan dengan kartu tanda anggota serta membayar biaya pendaftaran sebagai calon ketua umum  dan mendapat dukungan minimal dua Badan Pengurus Cabang HIPMI.

"Maka setelah diverifikasi berkas persyaratan serta verifikasi faktual, dari tiga orang yang mendaftar, tersisa dua orang yang memenuhi persyaratan, yaitu Ishak Basir dan Sri Irmayati," kata Astrid Sandagang.

Koordinator Sterring Commitee Musda HIPMI Sulteng, Andi Kaimuddin menambahkan, salah seorang kader HIPMI yang dinyatakan tidak lolos dalam pencalonan itu adalah Irvan Dj Nouk, karena masa kepengurusan yang bersangkutan di BPD HIPMI Sulteng belum sampai tiga tahun.

"Setelah kita verifikasi berkas, ternyata Irvan Dj Nouk itu bergabung setelah adanya reshuffle pengurus. Jadi belum cukup tiga tahun," jelas Andi Kaimuddin. 

Selanjutnya, menurut Andi Kaimuddin, semua berkas persyaratan calon itu akan dibawa ke Badan Pengurus Pusat HIPMI di Jakarta sebagai laporan, bahwa HIPMI Sulteng telah siap melaksanakan Musda pada 4 Oktober nanti.

Menjawab pertanyaan soal sudah adanya calon ketua umum meskipun musda masih sebulan lagi, Andi Kaimuddin yang juga Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi Anggota HIPMI Sulteng itu mengatakan, dalam PO HIPMI disebutkan bahwa pendaftaran calon ketua umum dilakukan sekurang-kurangnya 30 hari sebelum pelaksanaan Musda.

"Makanya kita buka pendaftaran dan Alhamdulillah tiga orang yang mendaftar. Tapi hanya dua orang saja yang memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon ketua umum," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Musda HIPMI Sulteng, Hidayat Pakamundi mengatakan, pihaknya telah siap melaksanakan Musda sesuai jadwal yang ditetapkan pada 4 Oktober 2017 nanti di Hotel The Sya Regency. 

"Kita tinggal menyiapkan beberapa hal teknis pelaksanaan saja seperti undangan kepada seluruh BPC," kata Hidayat Pakamundi. (Ochan)