Nasdem Belum Pastikan Pasangan Kasman-Yasin Di Pilkada Donggala

id nasdem

Nasdem Belum Pastikan Pasangan Kasman-Yasin Di Pilkada Donggala

Ketua DPW Nasdem Sulteng Ahmad M Ali berjabat tangan dengan Ketua DPD Nasdem Donggala Kasman Lassa di Donggala. (Ibrahim Abas/ Humas Pemkab Donggala)

Donggala, (Antarasulteng.com) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sulawesi Tengah belum memastikan apakah petahana Kasman Lassa akan berpasangan dengan Ketua DPRD Donggala Mohammad Yasin, pada pemilihan kepala daerah kabupaten tersebut 2018 mendatang.

"Bisa iya, bisa tidak. Nasdem tidak mengusulkan calon wakil bupati ke DPP di Jakarta," ungkap Humas DPW Nasdem Sulteng Mohammad Hamdin yang dihubungi Jumat siang.

Hamdin mengatakan bahwa Ketua DPRD Donggala Mohammad Yasin yang merupakan kader Partai Gerindra kemungkinan dapat berpasangan dengan bupati petahana Kasman Lassa dan kemungkinan tidak juga.

Alumni STAIN Datokarama Palu ini menyebut bahwa Kasman Lassa sebagai Ketua DPD Nasdem Donggala menjabat sebagai bupati, telah mendapat restu atau rekomendasi dari DPP Partai Nasdem.

"Petahana Kasman Lassa telah diberikan amanah dan mendapat kepercayaan dari DPP Nasdem untuk pencalonan Pilkada Donggala 2018," sebutnya.

Ia menguraikan petahana Kasman Lassa diminta oleh partai untuk membentuk konsolidasi koalisi yang saat ini tengah berjalan.

Dia mengaku bahwa belum ada partai politik lainnya yang tergabung dalam konsolidasi koalisi untuk mengusulkan nama calon pasangan Kasman Lassa sebagai wakil.

"Saat ini belum ada partai politik lainnya yang tergabung, belum juga ada nama-nama tokoh atau politisi lainnya yang kemungkinan akan menjadi pasangan Kasman Lassa," katanya.

Menurut dia, konsolidasi koalisi akan terus bekerja sampai dengan waktu pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati di Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat.

Sebelumnya Ketua DPW Nasdem Sulteng Ahmad M Ali menyatakan bahwa Nasdem akan mengusung petahana Kasman Lassa berpasangan dengan dr. Annita yang saat ini menjabat Kepala Dinas Kesehatan Donggala.

Dr Annita yang diusung Partai Golkar pada Pilkada Donggala tahun 2013 menjadi pesaing berat pasangan Kasman Lassa-Vera Laruni dari jalur independen. Namun Dr Annita yang saat itu berpasangan dengan Abdul Chair, harus puas berada di urutan ke dua perolehan suara setelah pasangan Kasman Lassa-Vera Laruni.

KPU Donggala akan mengumumkan pendaftaran pasangan calon pada 1 Januari 2018 berakhir tanggal 7 Januari 2018 mendatang. Kemudian pendaftaran pasangan calon dimulai pada tanggal 8 Januari-10 Januari 2018.

KPU Donggala menetapkan pelaksanaan `voting day` atau pemungutan suara pemilihan kepala daerah kabupaten tersebut tanggal 27 Juni 2018 mendatang.