Sudah Sepantasnya Soekarno-Hatta Pahlawan Nasional

id presiden, soekarno, hatta, pahlawan

Sudah Sepantasnya Soekarno-Hatta Pahlawan Nasional

Presiden Soekarno menerima ucapan selamat pada ulang tahunnya ke-50 di Istana Merdeka, Jakarta, 6 Juni 1951. (FOTO ANTARA/IPPHOS)

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan sudah sepantasnya bangsa Indonesia menempatkan Soekarno dan Mohammad Hatta sebagai Pahlawan Nasional yang tetap dikenang sepanjang masa.
        
Hal itu ditegaskan oleh Presiden Yudhoyono dalam pidatonya seusai menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Presiden pertama Soekarno dan Wakil Presiden pertama Mohammad Hatta di Istana Negara, Jakarta, Rabu.
        
"Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional ini juga menegaskan bentuk pengakuan, penghargaan, penghormatan, dan ucapan terima kasih atas perjuangan dan pengorbanan beliau-beliau," kata Presiden Yudhoyono.
        
Presiden mengatakan rakyat Indonesia juga patut mengenang dan melestarikan nilai-nilai kejuangan yang telah diteladankan oleh Bung Karno dan Bung Hatta.
        
"Kita tidak boleh melupakan sejarah yang telah ditorehkan dengan tinta emas oleh kedua Bapak Bangsa. Kita harus  mengenang, meneladani, dan mewariskan semangat, cita-cita, dan perjuangannya kepada generasi penerus bangsa," katanya.
        
Dan, kata Presiden, masih banyak keteladanan, idealisme hingga gagasan pemikiran dari tokoh-tokoh bangsa baik Bung Karno dan Bung Hatta, maupun tokoh-tokoh yang lain di masa lalu, yang dapat dipelajari dan dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi generasi sekarang dan generasi mendatang. (G003)