Panglima Yaman Selamat dari Usaha Pembunuhan

id yaman, panglima

Panglima Yaman Selamat dari Usaha Pembunuhan

Prajurit Yaman (REUTERS)

Aden (antarasulteng.com) - Seorang panglima Yaman yang bertanggung jawab atas wilayah selatan yang mencakup pangkalan udara strategis Al-Anad selamat dalam usaha pembunuhan Minggu di provinsi Lahj, kata seorang pejabat keamanan.
           
"Orang-orang bersenjata yang naik sebuah kendaraan memberondongkan tembakan ke arah mobil Jendral Mahmud al-Sobaihi di dekat markas intelijen di Huta," ibu kota Lahj, kata pejabat itu, dengan menambahkan bahwa perwira tinggi itu selamat "tanpa cedera".
           
"Para pengawal jendral itu mengejar penyerang dan menangkap satu orang yang cedera dalam bentrokan," lanjut pejabat itu.
           
Seorang warga sipil juga terluka dalam tembak-menembak, tambah pejabat itu, yang tidak mengungkapkan motif serangan tersebut atau identitas penyerang.
           
Sobaihi adalah panglima di wilayah Al-Anad, yang merupakan tempat pangkalan udara strategis yang digunakan oleh pasukan AS di provinsi Lahj, Yaman selatan.
           
Pasukan jendral itu memainkan peranan penting dalam ofensif Juni yang mengakhiri cengkeraman militan Al Qaida terhadap sejumlah kota dan daerah di wilayah selatan yang mereka kuasai selama setahun.
           
Meski melemah, militan Al Qaida terus melancarkan serangan-serangan terhadap anggota pasukan keamanan di negara itu.
           
Militan Al Qaida memperkuat keberadaan mereka di wilayah selatan, dengan memanfaatkan melemahnya pemerintah pusat akibat pemberontakan anti-pemerintah yang meletus pada Januari 2011.
           
Ofensif pasukan Yaman yang diluncurkan pada Mei berhasil menghalau militan Al Qaida dari sejumlah kota dan desa di wilayah selatan dan timur yang selama lebih dari setahun mereka kuasai.
           
Sejak ofensif militer dimulai pada 12 Mei, ratusan orang yang mencakup anggota Al Qaida, prajurit, militan lokal pro-militer dan warga sipil tewas.
           
Ofensif itu didukung oleh pesawat tak berawak AS yang pada hari itu melancarkan dua serangan udara di Yaman timur yang menewaskan 11 terduga anggota Al Qaida. (Ant/AFP)