China Ingin Pelajari Sertifikasi Halal Indonesia

id china, halal

China Ingin Pelajari Sertifikasi Halal Indonesia

Ilustrasi (ANTARA)

Beijing, (antarasulteng.com) - Asosiasi Islam China menyatakan ketertarikannya mempelajari sistem dan manajemen sertifikasi halal yang dijalankan Indonesia.

Wakil Ketua Asosiasi Islam China Mustafa Yang Zhibo saat menerima Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Tohari di Beijing, Senin, mengatakan Indonesia telah memiliki sistem dan manajemen sertifikasi halal yang baik.

"Sistem dan manajemen sertifikasi halal di Indonesia, sudah sangat baik dan kami ingin mempelajarinya...meskipun komunitas muslim di China tidak terlalu banyak," katanya.

Mustafa mengatakan hubungan komunitas muslim China dan Indonesia semakin baik seiring dengan kuatnya hubungan bilateral kedua negara.

"Banyak kerja sama yang dapat dilakukan antara komunitas, lembaga muslim China dan Indonesia untuk memberikan manfaat bagi komunitas muslim kedua negara, bahkan manfaat bagi kedua negara," ujarnya.

Terkait itu, lanjut Mustafa, pihaknya sangat ingin mempelajari sistem dan manajemen sertifikasi halal yang diberlakukan Indonesia.

"Indonesia telah memiliki sistem, standar, dan manajemen yang bagus dalam pemberian sertifikasi halal. Dan telah diakui banyak pihak. Karena itu kami ingin mempelajari lebih banyak tentang sertifikasi halal," katanya.

Mustafa berharap pihaknya dapat belajar banyak dari Majelis Ulama Indonesia terkait sertifikasi halal.      
Ia mengatakan Asosiasi Islam China juga siap untuk menjalin kerja sama yang lebih beragam dengan komunitas muslim Indonesia seperti yang dijalankan selama ini, terutama dengan MUI dan organisasi Islam di Indonesia.

"Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar kedua di dunia, Indonesia tentu memiliki pengetahuan tentang Islam secara komprehensif termasuk tentang sertifikasi halal, pelaksanaan haji dan lain-lain. Karena itu kerja sama yang luas antara komunitas dan lembaga muslim kedua negara sangat penting," kata Mustafa.

Setelah meluncurkan Standar Halal Indonesia yang diakui dunia kini LPPOM MUI telah membangun Sistem Sertifikasi Halal Online.

LPPOM MUI sendiri kini telah tersebar sebanyak 34 perwakilan LPPOM MUI daerah di seluruh Indonesia.(R018/SKD)