Kapolda Sulteng segera berganti, Brigjen Lukman Wahyu gantikan Brigjen Ermy Widiatno

id Kapolda Sulteng

Kapolda Sulteng segera berganti, Brigjen Lukman Wahyu gantikan Brigjen Ermy Widiatno

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Ermy Widiatno (kiri) dan Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Lukman Wahyu (Antaranews Sulteng/Rolex Malaha)

Situasi kamtibmas di Sulteng mantap selama kepemimpinan Brigjen Ermy Widiatno

Palu (Antaranews Sulteng) – Mutasi pejabat tinggi di lingkungan Polri mulai dari perwira berpangkat Komisaris Jenderal sampai Ajun Komisaris Besar (AKB), termasuk jabatan Kapolda Sulawesi Tengah, akan kembali bergerak dan diharapkan tereksekusi dalam tempo paling lama 14 hari ke depan.



Mutasi-mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/188/I/KEP/2019 tanggal 22 Januari 2019 yang ditandatangani Asisten SDM atas nama Kapolri Irjen Pol Drs Eko Indra Heri, MM dan diterima Antara Sulteng di Palu lewat pesan whatsapp, Selasa.



Di antara pejabat yang dimutasi tersebut adalah Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Ermy Widiatno yang mendapat tugas baru di Mabes sebagai Kepala Biro Pembinaan Operasional Baharkam Polri menggantikan Brigjen Pol Eddy Sumitro yang diangkat menjadi Wakapolda Kalimantan Timur.



Sementara Wakapolda Kalimantan Timur Brigjen Lukman Wahyu Haryanto yang digantikan Brigjen Eddy Sumitro ditunjuk menjadi Kapolda Sulawesi Tengah menggantikan Brigjen Ermy Widiatno.



Pejabat teras Polda Sulteng lainnya yang dimutasi kali ini adalah Direktur Binmas Kombes Pol Zuhdi Bahruddin diangkat menjadi Analis kebijakan Madya bidang Binmas Baharkam Polri. Posisi yang ditinggalkannya akan diisi AKBP Moh Ngajib yang kini bertugas di Biro Binoops Mabes Polri.



Beberapa pejabat tinggi Polri yang pernah bertugas sebagai Kapolda Sulteng yang mendapat promosi kali ini adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis yang akan menjadi Kabareskrim serta Dankorps Brimob Mabes Polri Irjen Rudy Sufahriadi yang akan menjadi Asisten Operasi Kapolri.



Brigjen Ermy Widyatno sendiri belum setahun menjabat Kapolda Sulteng, karena jabatan itu diterimanya pada 24 April 2018 dari Brigjen Pol I Ketut Argawa, dimana Argawa sendiri menjabat Kapolda Sulteng hanya tiga bulan.



Selama kepemimpinan Ermy Widiatno, stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat cukup terjamin. Kasus bentrokan massa di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai pada awal 2018 berhasil ditangani dengan baik.



Demikian halnya selama masa kampanye Pemilu dan Pilpres 2019, seluruh proses politik dalam pesta demokrasi ini berjalan tertib dan lancar.