Kemenperin Dorong Ekspor Produk Otomotif

id otomotif, mobil, kendaraan

Kemenperin Dorong Ekspor Produk Otomotif

Jakarta, (antarasulteng.com) - Kementerian Perindustrian mendorong Indonesia untuk mengekspor produk otomotif guna meningkatkan kinerja ekpor nasional.

"Kita harus menggali produk-produk lain di sektor non-migas, khususnya produk otomotif dan potensi itu harus didorong keluar," kata Direktur Jenderal Kerja Sama Industri Internasional Kementerian Perindustrian Agus Tjahjana di Jakarta, Selasa.

Agus mengatakan, saat ini produksi sepeda motor Indonesia merupakan industri terbesar ketiga di dunia, namun untuk ekspor produk-produk tersebut masih sangat minim karena produksi nasional hanya diperuntukkan bagi konsumen lokal.

"Ekspor motor masih rendah, diharapkan bisa ditingkatkan sementara produksi mobil yang sudah mencapai 1,1 juta unit juga harus didorong untuk lebih banyak melakukan ekspor," ungkap Agus.

Agus menambahkan, untuk pasar Indonesia memang masih sangat tinggi namun untuk melakukan ekspor ke luar negeri tidak perlu menunggu investasi lagi.

Sementara untuk di ASEAN, Agus menambahkan, tujuan ekspor Indonesia hanya sebesar 25 persen saja, sementara sisanya masih mengandalkan negara-negara yang berada di luar kawasan ASEAN.

"Kita masih belum mengoptimalkan pasar ASEAN meskipun letaknya lebih dekat, dan hal tersebut juga menyebabkan neraca perdagangan kita mengalami defisit," ujar Agus.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada 2012 lalu angka produksi kurang lebih mencapai 7,1 juta unit, dan terjual untuk pasar dalam negeri sebanyak 7.064.457, sementara yang diekspor hanya sebanyak 77.129 unit.

Sementara pada 2011, produksi sebanyak delapan juta unit, sementara ekspor hanya 30.995 unit.