Jurusan Sendratasik UNG Resmi Terakreditasi B

id UNG, gorontalo

Jurusan Sendratasik UNG Resmi Terakreditasi B

Pertunjukan seni (Antara)

Gorontalo, (antarasulteng.com) - Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) Fakultas Sastra Budaya Universitas Negeri Gorontalo (UNG), mengantongi nilai akreditasi 330 dan resmi terakreditasi peringkat B program studi sarjana.

Ketua Jurusan Sendratasik Fakultas Sastra Budaya UNG, Trubus Semiaji, Senin, mengatakan, hal ini sudah melalui proses penilaian yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi.

Menurutnya, hasil akreditasi tersebut merupakan penilaian pertama kali sejak jurusan itu berdiri pada tahun 2007, seiring dengan keluarnya Surat Izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

Akreditasi tersebut secara jelas tertulis pada SK BAN Perguruan Tinggi nomor 091/SK-BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013.

"Surat tersebut ditanda tangani Ketua BAN Perguruan Tinggi Profesor Mansyur Ramly," kata Trubus.

Sebelumnya, dalam proses penilaian, dua orang perwakilan BAN-PT yakni Prof Dr Victor Ganap Med dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan Prof Dr Taty Narawati Mhum dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, telah mengunjungi langsung jurusan Sendratasik UNG.

Saat ini Sendratasik memiliki delapan dosen tetap lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, yang ditunjang dengan fasilitas laboratorium, sarana perkuliahan dan dukungan lainnya.

"Hal pendukung itulah yang telah menjadikan sendratasik sebagai jurusan yang mandiri dan memiliki standar akademik yang jelas," kata Trubus.

Trubus mencontohkan, penerapan standar dengan memberi contoh bahwa tidak semua proposal penelitian yang diseminarkan lolos dan ada beberapa yang harus mengulang.