Sultra Bertekad Jadi Percontoham Seni Baca Quran

id baca, quran

Sultra Bertekad Jadi Percontoham Seni Baca Quran

Ilustrasi (Foto : ANTARA)

 Kendari, (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara bertekad menjadi percontohan seni baca Al Quran di Indonesia.

Gubernur Sultra Nur Alam dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Sultra H Zainal Abidin saat membuka STQ Sultra mengatakan, perkembangan seni baca Al Quran terus menunjukkan perkembangan dari tahun ke tahun.

"Ini sangat menggembirakan dibuktikan sudah mulai meraih prestasi pada berbagai kegiatan religius seperti MTQ dan STQ. Sehingga harus kita terus kembangkan agar kita menjadi daerah percontohan seni baca Alquran," katanya.

Untuk meraih predikat itu katanya, Pemerintah Sultra terus memupuk pembinaan Lembaga pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) di setiap kabupaten kota di daerah itu.

"Momentum STQ seperti ini merupakan langkah untuk mengevaluasi sejauh mana perkembangan dari pembinaan seni baca Alquran selama ini. Karena itu, STQ jangan hanya dimaknai sebagai kegiatan seremonial keagamaan, tetapi yang lebih utama adalah memahami makna dan hakekat dari seni baca Al Quran," katanya.

Diharapkan momentum seperti itu mengedepankan pemanfaatan kualitas putra-putri lokal dalam perekrutan peserta STQ.

Kepala Kemenag Sultra H Muchlis Mahmud berharap STQ bisa meningkatkan kualitas dalam keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan melalui lantunan seni baca Alquran.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sultra, Ansar Sangka, kegiatan itu akan berlangsung selama lima hari (5-9 April 2013), yang diikuti seluruh kafilah se kabupaten dan kota di Sultra.

Pemenang dari lomba tersebut katanya akan mewakili Sultra pada STQ Nasional ke-XXII di Provinsi Bangka Belitung Agustus 2013 mendatang.

Hadir dalam pembukaan STQ Sultra, diantaranya Sekda Sultra mewakili gubernur, Kepala Kemenag Sultra, Danrem 143 Haluoleo, Bupati Bombana, Wakil Bupati Bombana dan  wakil Wali Kota Baubau. (skd)