Kapolri kukuhkan Polda Sulteng menjadi Type A, Kapolda Brigjen Lukman Wahyu segera naik pangkat jadi Irjen

id Kapolri, pimpin, upacara

Kapolri kukuhkan Polda Sulteng menjadi Type A, Kapolda Brigjen Lukman Wahyu segera naik pangkat jadi Irjen

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, kanan saat tanda tangan pengkukuhkan perubahan tipe Polda Sulawesi Tengah dari B menjadi tipe A, didamping Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Lukman Wahyu Hariyanto, di halaman Mapolda Sulteng, di Palu, Jumat (15/11).(ANTARA/Sulapto Sali)

“Sebagian besar pimpinan Polri lahir dari Polda Sulteng, ini menjadi motivasi bahwa dimanapun bekerja,  apabila memberikan yang terbaik akan dipilih oleh Tuhan dan organisasi," katanya.
Palu (ANTARA) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, memimpin upacara pengukuhan perubahan tipe Polda Sulawesi Tengah dari B menjadi A.

"Hari ini patut kita naikan syukur atas kenaikan tipe Polda Sulawesi Tengah dari B menjadi tipe A," kata Jenderal Idham Azis dalam sambutannya di halamaan Mako Polda Sulteng, Jalan Samratulangi Palu, Jumat.

Kapolri yang menjabat Kapolda Sulteng 2014-2016 itu mengatakan naiknya tipe Polda Sulteng tentu akan mengalami perubahan pada tataran stuktur organisasi dan pejabat.

Seperti, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah kini dijabat oleh Jenderal Bintang Satu Brigjen Pol Drs. Nurwindiyanto MM, dan dalam waktu dekat ini Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto,M.Si akan naik pangkat menjadi bintang dua (Inspektur Jenderal).

Kapolri katakan, dengan naiknya tipe Polda Sulteng, menjadi menotivasi untuk pengabdian kepada masyarakat, komitmen dan integritas.

“Sebagian besar pimpinan Polri lahir dari Polda Sulteng, ini menjadi motivasi bahwa dimanapun bekerja,  apabila memberikan yang terbaik akan dipilih oleh Tuhan dan organisasi," katanya.

Pengukuhan peningkatan tipe ini berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor : Kep/1965/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019 tentang perubahan tipe Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah dari B menjadi Kepolisian Daerah tipe A.

Pengukuhan kenaikan tipe Polda Sulteng ditandai dengan penyerahan Pataka Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah “Wira Dharma Brata” oleh Kapolri kepada Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Lukman Wahyu Hariyanto.

Acara pengukuhan ini dihadiri Ketua Umum Bhayangkari Ny.Fitri Idham Azis, AS SDM Kapolri Irjen Pol Dr. Eko Indra Heri, Asrena Polri  Irjen Pol. Agung Sabar Santoso, Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal,S.IK, MH dan mantan Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs. Ketut Argawa dan Brigjen Pol (Purn) Drs. Dewa Parsana, M.Si serta sejumlah Pejabat di lingkungan Mabes Polri.

Selain dihadiri perwira tinggi  Polri hadir undangan dari Forkopimda, di antaranya Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H.Longki Djanggola, M.Si, Ketua DPRD Sulteng, Danrem 132/Tadulako, Danlanal Palu, Wakil Wali Kota Palu, Bupati Kabupaten, sejumlah pimpinan Bank, Rektor Universitas, pimpinan media,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Diakhir acara Kapolri, bersama pejabat Polda Sulteng, Danrem 132/Tadulako dan tamu undangan mengikuti tarian Dero bentuk kebersamaan dan rasa syukur atas kenaikan tipe Polda Sulteng.
Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Lukman Wahyu Hariyanto, Danrem 132/Tadulako mengikuti tarian Dero usai acara pengkukuhkan perubahan tipe Polda Sulawesi Tengah dari B menjadi tipe A, didamping di halaman Mapolda Sulteng, di Palu, Jumat (15/11).(ANTARA/Sulapto Sali)