Pedrosa Pecahkan Rekor Raih Pole MotoGP Catalunya

id pedrosa

Pedrosa Pecahkan Rekor Raih Pole MotoGP Catalunya

Dani Pedrosa memimpin di MotoGP Spanyol dan finish di urutan pertama dalam balap di Gran Premio bwin Spanyol, Sabtu (Minggu malam WIB). (antaranews)

Jakarta (antaranews.com) - Dani Pedrosa meraih posisi pole setelah mencetak catatan waktu tercepat dalam kualifikasi MotoGP di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu dinihari (WIB).

Pedrosa berhak start di posisi pertama pada balapan Minggu petang nanti setelah membukukan catatan waktu terbaik 1 menit 40,893 detik, sekaligus memecahkan rekor lap tercepat Casey Stoner 1 menit 41,186 detik pada lima tahun lalu.

Di belakang pebalap tim Repsol Honda itu, Cal Crutchlow menempati posisi start kedua dengan catatan waktu 0,608  detik lebih lambat.

Sementara pebalap Yamaha Jorge Lorenzo berada di tempat ketiga dengan catatan waktu 1 menit 41,566 detik, diikuti Alvaro Bautista, Nicky Hayden, kemudian Marc Marquez.

"Ini posisi pole yang fantastis bagi saya. Kami juga memecahkan rekor sirkuit dan mampu melakukannya di depan pendukung tuan rumah," kata Pedrosa kepada laman resmi MotoGP.

Pada ketegori Moto2, posisi pole direbut Pol Espargaro yang juga asal Spanyol dengan catatan waktu 1 menit 46,410 detik, diikuti Scott Redding asal Jerman dari tim Marc VDS Racing dengan catatan waktu 1 menit 47,029 detik.

Posisi ketiga ditempati Esteve Rabat, yang juga rekan setim Pol Espargaro dari Tuenti HP 40, dengan catatan waktu 1 menit 47,076 detik.

Sementara pada kelas Moto3, pebalap Spanyol masih mendominasi melalui Luis Salom dari Red Bull KTM Ajo sebagai penghuni posisi start pertama, diikuti rekan senegaranya dari tim Estrella Galicia 0,0, Alex Rins.

Luis Salom meraih catatan waktu 1 menit 50,782 detik, sedangkan Alex Rins 1 menit 51,108 detik, diikuti Miquel Oliveira dari tim Mahindra Racing di tempat ketiga dengan 1 menit 51,540 detik.