Sebaru Kecil jadi ring 1 observasi WNI dari kapal World Dream

id WNI, corona, di jepang

Sebaru Kecil jadi ring 1 observasi WNI dari kapal World Dream

Sesditjen P2P Achamad Yurianto dalam konferensi video di gedung Kemenkes, Jakarta, Selasa (25/2). (Foto : ANTARA/Prisca Triferna).

Seluruh pulau adalah Ring 1, jadi siapapun yang memasuki daerah tersebut memasuki Ring 1. Ring 2 kita tempatkan di kapal yang membuang jangkar di sana, belum tentu KRI Dr Soeharso, bisa saja kapal yang lain
Jakarta (ANTARA) - Seluruh Pulau Sebaru Kecil akan menjadi daerah Ring 1 yang hanya dapat dimasuki oleh tim kesehatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) saat 188 warga negara Indonesia (WNI) dari kapal World Dreams tiba di pulau tersebut pada 28 Februari 2020.

"Seluruh pulau adalah Ring 1, jadi siapapun yang memasuki daerah tersebut memasuki Ring 1. Ring 2 kita tempatkan di kapal yang membuang jangkar di sana, belum tentu KRI Dr Soeharso, bisa saja kapal yang lain," jelas Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto lewat konferensi video di gedung Kemenkes, Jakarta, Selasa.

Hal itu dilakukan karena Ring 2 akan digunakan sebagai kendali administrasi dan jika menggunakan pulau lain maka jaraknya akan terlalu jauh dari wilayah observasi di Sebaru Kecil, tegas pria yang akrab disapa Yuri itu.

Ring 1 hanya akan terdiri dari 188 WNI tersebut dan tim kesehatan Kemenkes serta tim pendukung untuk kebersihan dan pengawasan yang akan berangkat menuju Sebaru Kecil pada Rabu (26/2), terang dia.

Memang ada pulau yang dekat tapi tidak terdapat fasilitas apapun dan hanya merupakan pulau kosong tanpa air bersih dan listrik.

Kapal yang berperan sebagai Ring 2 akan menjadi pusat kendali administrasi untuk memantau pasokan rutin logistik seperti makanan dan bahan bakar minyak (BBM) untuk genset yang dipakai untuk mengaliri listrik pulau itu.

Sebaru Kecil sudah siap untuk menjadi tempat observasi bagi 188 anak buah kapal (ABK) itu, yang akan dijemput di Selat Durian di Kepulauan Riau oleh KRI Dr Soeharso pada 26 Februari 2020.

Untuk menyambut kedatangan mereka yang diperkirakan terjadi pada 28 Februari 2020, tim dari Kemenkes akan menyiapkan dan membersihkan 8 bangunan yang sudah berdiri di pulau tersebut sejak 2008.

"Sebaru Kecil sudah ada bangunan yang dulu dibangun 2008 dan diresmikan oleh Pak Presiden waktu itu SBY. Dimana Sebaru Kecil sudah didesain untuk klinik rehabilitasi ketergantungan narkoba," tegas Yuri.

Selain 8 bangunan bertingkat yang sudah berdiri dengan setiap kamarnya, terdapat juga ruang makan bersama. Tempat itu ideal menjadi tempat observasi karena di sana hanya berdiri bangunan rehabilitasi itu tanpa ada aktivitas warga.

Baca juga: Pemerintah evakuasi WNI dari Diamond Princess dan World DreamBaca juga: Pemerintah evakuasi WNI dari Diamond Princess dan World Dream
Baca juga: Jepang siap bantu Indonesia jika berencana pulangkan 78 warganya
Baca juga: Jepang pastikan rawat penumpang dan kru kapal pesiar Diamond Princess