Pemkot Palu harap Risma ikut tangkal radikalisme

id Risma, radikalisme, pemkot palu

Pemkot Palu harap Risma ikut tangkal radikalisme

Sekretaris Kota Palu Asri saat membacakan sambutan Wali Kota Palu Hidayat pada kegiatan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan dasar Remaja Islam Masjid (Risma) se-Kota Palu, di Palu, Selasa (25/2/2020). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu)

Kami ingin Risma dapat memfokuskan aktivitasnya pada gerakan dakwah, usaha-usaha sosial, pembinaan, pendidikan dan pembentukan kader bangsa agar tidak tertular dengan paham-paham yang menyimpang
Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah berharap Remaja Islam Masjid (Risma) ikut terlibat menangkal paham radikal atau radikalisme yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kita ingin Risma menjadi generasi tangguh dan mampu berperan menangkal paham-paham radikal di tengah masyarakat," kata Sekretaris Kota Palu Asri pada kegiatan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan dasar Risma se-Kota Palu, di Palu, Selasa.

Menurut Asri, pendidikan dan pelatihan kepemimpinan dasar perlu dilaksanakan guna membentuk mental kader dalam menjalankan roda organisasi, di samping mampu berperan membantu pemerintah mencegah paham yang bertentangan dengan nilai Pancasila dan agama.

Menurut dia, kegiatan pendidikan dan pelatihan tidak hanya diukur sekedar keaktifan di dalam ruang kelas atau forum-forum seminar semata, akan tetapi ilmu yang didapat dari kegiatan penguatan kader dapat diimplementasikan dalam kehidupan sosial masyarakat.

"Manfaat suatu pelatihan diukur pula seberapa besar kemampuan dari setiap kader untuk mau dan dapat bersentuhan langsung dengan umat," ujar Asri.

Dia menilai, keaktifan remaja masjid dalam menyosialisasikan hal-hal positif di tengah masyarakat akan menjadi barometer penilaian publik terhadap organisasi ini.

Selain itu mewujudkan performa kader yang paripurna dalam dimensi pikir, akhlak, maupun kepedulian terhadap kelompok yang terpinggirkan.

"Kami ingin Risma dapat memfokuskan aktivitasnya pada gerakan dakwah, usaha-usaha sosial, pembinaan, pendidikan dan pembentukan kader bangsa agar tidak tertular dengan paham-paham yang menyimpang," kata Asri.

Baca juga: Risma di Palu diminta fokus pada gerakan dakwah dan sosial
Baca juga: Wali Kota Palu: Risma bisa menjadi agen perekat
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar