Legislator ingatkan Pemprov Sulteng siaga terkait corona

id DPRD SULTENG,FRAKSI NASDEM,IBRAHIM A HAFID,CORONA

Legislator ingatkan Pemprov Sulteng siaga terkait corona

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sulteng Ibrahim A Hafid. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Anggota DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) Ibrahim A Hafid di Palu, Rabu mengingatkan Pemerintah Provinsi Sulteng harus siaga terkait dengan penyebaran dan penularan serta dampak dari virus corona (COVID-19).

"Pemerintah daerah sudah harus melakukan langkah persiapan untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran, penularan virus tersebut masuk ke Sulteng," ucap Ibrahim Hafid.

Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Provinsi Sulteng ini mengatakan bahwa Pemprov Sulteng harus berani mengambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan masyarakatnya dari virus tersebut.

Apalagi saat ini, kata dia, kemungkinan akan kepanikan masyarakat di Kota Palu dan di beberapa daerah lainnya yang mulai terlihat, harus segera diantisipasi dan diredam.

"Nah untuk meredam itu, tentu harus ada jaminan, harus ada kepastian. Selain itu, pemprov Sulteng harus mampu mengatasi masalah ini," sebutnya.

Ibrahim mengatakan DPRD Sulteng khususnya Fraksi Nasdem memberikan dukungan penuh kepada Pemprov Sulteng dalam penanganan masalah ini, terutama terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana virus itu.

"Tentu, DPRD sebagai mitra pemerintah tidak tinggal diam dengan kondisi ini. Kita memberikan dukungan kepada Pemprov Sulteng untuk siaga menghadapi masalah virus corona ini," sebutnya.

Ibrahim juga meminta Pemprov Sulteng melakukan pengawasan dan penertiban lonjakan harga masker, dan pemerintah daerah sampai pemerintah tingkat bawah harus mengevaluasi penjualan masker, agar tidak ada yang melakukan tindakan 'nakal' dalam penjualan barang tersebut.

“Jangan memanfaatkan situasi merebaknya virus corona saat ini, di tengah keresahan rakyat, apalagi sampai mencari keuntungan di tengah kesulitan orang lain,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng dr Reny Lamadjido minta masyarakat agar tidak perlu khawatir dengan wabah virus COVID-19 yang menghantui Indonesia, khususnya Sulawesi Tengah.

Ia menjelaskan selama masyarakat Sulteng menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), penyakit apapun tidak akan menjangkiti manusia, termasuk virus COVID-19.

"Perilaku hidup bersih di antaranya selalu mencuci tangan, utamanya sebelum dan sesudah makan dengan air mengalir," katanya, di Palu pada Minggu (1/3).

Ia juga mengingatkan penggunaan sabun agar tangan yang dicuci bersih dari segala jenis kuman dan bakteri yang dapat mengakibatkan gangguan sistim kekebalan tubuh, sehingga makanan yang disentuh tetap higienis.

"Perilaku hidup sehat jangan dilupa dan selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah dan sayur," ucapnya.