Proper dorong pengelolaan usaha berwawasan lingkungan

id Humas Pemprov Sulteng,Penghargaan lingkungan,Kemenhut,JOB Tomori

Proper dorong pengelolaan usaha berwawasan lingkungan

Sekdaprov Sulteng Hidayat Lamakarate memberikan sambutan pada acara penyerahan sertifikat Proper periode 2018-2019 di Hotel Santika, Palu, Kamis (5/3) (ANTARA/HO-Humpro SUlteng)

Sejauh ini baru JOB Tomori yang sudah empat kali mendapat citra hijau sejak 2016.
Palu (ANTARA) - Proper adalah program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) guna mendorong perusahaan meningkatkan pengelolaan lingkungan.

Di Sulteng, Proper telah dilaksanakan sejak periode 2012-2013 tapi hingga kini belum ada satu perusahaan yang berhasil mendapat citra emas atau ketaatan pengelolaan lingkungan paling tinggi.

Sejauh ini baru Joint Operation Body Pertamina Medco E & P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) yang sudah empat kali mendapat citra hijau sejak 2016.

Karenanya, Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Dr. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si terus mendorong perusahaan agar menerapkan prinsip ekonomi hijau dan ketaatan pada peraturan lingkungan hidup.

“Apapun hasilnya yang penting semua perusahaan sudah komitmen menjalankan aktivitas dengan baik dan mengikuti segala ketentuan lingkungan hidup,” ujar Sekda pada acara penyerahan sertifikat Proper periode 2018-2019 di Hotel Santika, Palu, Kamis.

Sebelumnya Kadis Lingkungan Hidup Ir. Abdul Rahim melaporkan bahwa dari 27 perusahaan yang dinilai ternyata sebagian besar masih meraih citra merah.

Artinya, walau upaya pengelolaan lingkungan sudah dilakukan tapi baru sebagian yang mencapai hasil sesuai persyaratan dan ketentuan aturan lingkungan hidup.   

Meski begitu lanjutnya, tidak ada perusahaan yang meraih proper hitam karena bila terjadi maka perusahaan bisa dicabut izin usahanya oleh KLHK.

Sementara Perwakilan JOB Tomori yang kembali menerima proper hijau mengatakan hasil penilaian Proper sangat penting sebagai legitimasi usaha yang berwawasan lingkungan.

“Semoga kami tetap didukung dan dibimbing untuk meraih proper emas,” ujarnya berharap.

Acara ini dihadiri para perwakilan perusahaan yang bergerak di bidang migas, minerba dan agroindustri. (Ro Humpro Setdaprov Sulteng)