Sungai di Sulsel dikhawatirkan meluap di saat musim hujan

id cuaca ekstrem, sungai meluap, kepulauan spremonde

Sungai di Sulsel dikhawatirkan meluap di saat musim hujan

Aliran Sungai Bantimurung di Kabupaten Maros yang airnya nyaris meluap akibat hujan yang mengguyur tiga hari terakhir di Kabupaten Maros, Sulsel, Jumat (6/3/2020). ANTARA Foto/ Suriani Mappong

Air Sungai Bantimurung yang melewati desa kami, nyaris sampai ke bibir Sungai
Makassar (ANTARA) - Sejumlah sungai di Sulsel khususnya di daerah yang diguyur hujan tiga hari terakhir dikhawatirkan meluap di musim hujan.

"Air Sungai Bantimurung yang melewati desa kami, nyaris sampai ke bibir Sungai," kata Ketua RT Dusun Tanatekko Daeng Tampa di Kecamatan Alatengngae, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulsel, Jumat.

Menurut dia, hujan yang cukup deras mengguyur tiga hari terakhir membuat air Sungai Bantimurung sedikit lagi meluap, sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan banjir seperti kejadian 2019.

Kondisi serupa juga terjadi di sekitar jembatan Barobong yang dilintasi oleh Sungai Je'ne Berang di Kabupaten Gowa, Sulsel.

Warga Barombong, Nuasiah mengatakan, sudah mengantisipasi dengan menaikkan perabotan rumah tangga ke tempat yang lebih tinggi, khususnya perabotan elektronik.

"Semoga besok air sungai surut karena hujan sudah mulai reda," katanya.

Sementara itu berdasarkan data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar melansir pada malam ini hujan ringan berpotensi terjadi di seluruh wilayah Sulawesi Selatan.

Sedang pada Sabtu (7/3) dini hari berpotensi Hujan Ringan di wilayah Sinjai, Pinrang, Pare-Pare, Barru, Belopa, Malili, Jeneponto, Bulukumba, Selayar. Serta Potensi hujan sedang di wilayah Makassar, Gowa, Takalar, Maros, Pangkep.

Suhu Udara berkisar 21 – 32°Celcius dengan kelembapan udara antara 70 - 95 persen dan kekuatan angin dari Barat ke Barat Laut sekitar 10 - 35 km per jam.

Sementara peringatan dini ditujukan pada nelayan dan pelaut karena ketinggian gelombang laut berkisar 1,25 meter hingga 2,5 meter di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Pare-Pare, Perairan Spermonde Pangkep bagian barat, Perairan Spermonde Pangkep, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan Spermonde Makassar dan Perairan barat Kepulauan Selayar.*