Pemerintah tengah upayakan bangun huntap mandiri korban likuefaksi Petobo

id Huntap petobo, likuefaksi petobo, palu

Pemerintah tengah upayakan bangun huntap mandiri korban likuefaksi Petobo

Dok, Lokasi pembangunan hunian tetap (huntap) untuk korban gempa dan likuefaksi di Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah. ANTARA/Muhammad Hajiji/am.

Rencana pembangunan hunian tetap mandiri di bangun di lahan pribadi milik warga setempat selain hunian tetap di lahan pemerintah
Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah mengupayakan membangun hunian tetap mandiri untuk korban bencana gempa dan likuefaksi Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan.

"Rencana pembangunan hunian tetap mandiri di bangun di lahan pribadi milik warga setempat selain hunian tetap di lahan pemerintah," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Singgi B Prasetyo, di Palu Sabtu.

Rencana pembangunan hunian bagi korban likuefaksi atau relokasi mandiri di fasilitasi pemerintah maupun pihak swasta, saat ini masih dalam tahap pendataan oleh pemerintah kelurahan setempat sebagai langkah untuk memastikan jumlah yang ingin di relokasi mandiri.

Hunian tetap di bangun diawali dengan pendataan dan survei sebelum penetapan lokasi pembangunan.

Karena itu,  pemerintah kelurahan sebagai ujung tombak Pemkot memastikan agar proses percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi usai peristiwa bencana dapat terlaksana dengan baik.

"Proses pembangunan hunian tetap melibatkan lintas sektoral, salah satunya Badan Pertanahan Nasional/ATR," kata Singgi.

Saat ini, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengupayakan pembangunan hunian bagi penyintas likuefaksi Petobo dan direncanakan 1.800 unit disiapkan menggunakan konsep rumah instan struktur baja atau Risba sebagai rumah tahan gempa.

Rumah tahan gempa ini hasil pengembangan tim Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Infrastruktur (LPI) Kementerian PUPR sudah diterapkan di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada massa rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana.

Menurut Satuan Tugas Risba Sulawesi Tengah, Kelurahan Petobo pertama menjadi sasaran pembangunan hunian menggunakan konsep Risba. Dimana lokasi pembangunan itu berada di wilayah Timur Petobo sebagai perbatasan Kota Palu dengan Kabupaten Sigi.

Diproyeksikan pembangunan hunian tetap korban likuefaksi Petobo Desember 2020 mengingat batas waktu penyintas tinggal di hunian sementara hanya sampai akhir tahun ini.

"Pemerintah juga sedang mencari lahan untuk penambahan rencana pembangunan hunian tetap khusus lahan pemerintah," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Palu apresiasi upaya Arkom bangun huntap korban bencana
Baca juga: Arkom bangun huntap korban bencana Palu yang direlokasi mandiri
Baca juga: Askrindo-Baznas bangun masjid dan huntap untuk penyintas bencana di Sigi