Mensos dukung anak peserta PKH ikut lomba sains internasional

id KPM PKH,Mensos

Mensos dukung anak peserta PKH ikut  lomba sains internasional

Menteri Sosial Juliari P Batubara (dua dari kanan) bersama Putri Uswatun Hasanah yang merupakan anak KPM PKH berprestasi di Jakarta, Senin (9/3/2020). ANTARA/HO-LINJAMSOS

Kamu bisa berangkat ke Amerika itu hasil dari sebuah kerja keras, tidak semua pelajar mendapat kesempatan seperti ini. Untuk itu, kami berikan 25 juta rupiah sebagai stimulan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Juliari P Batubara mendukung anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) untuk maju dan mengikuti perlombaan sains internasional yang akan berlangsung Mei mendatang di Amerika Serikat.

"Kamu bisa berangkat ke Amerika itu hasil dari sebuah kerja keras, tidak semua pelajar mendapat kesempatan seperti ini. Untuk itu, kami berikan 25 juta rupiah sebagai stimulan", ujar Ari sapaan Mensos saat menerima Putri Uswatun di ruang kerjanya, Senin.

Mensos yang akrab disapa Ari, melalui keterangan tertulis menyampaikan rasa bangga dan memberikan apresiasi kepada siswa kelas XI SMAN 1 Malingping, yang akrab disapa Putri.

Putri Uswatun Hasanah, anak peserta PKH dari Kabupaten Lebak yang akan mengikuti perlombaan sains tingkat internasional yang diselenggarakan pada bulan Mei 2020 di Amerika.

Mensos menerima audiensi Putri didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazarudin dan Direktur Jaminan Sosial Keluarga MO. Royani, sementara Putri didampingi oleh ibunya yang merupakan KPM PKH, Pendamping PKH dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lebak, Banten.

Putri merupakan siswi SMAN 1 Malingping, Lebak yang berhasil meraih predikat Juara I bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian (IPK) pada perlombaan sains tingkat nasional.

Bersama kelompoknya, ia menciptakan pelet limbah sagu (Metroxylon sagu) termodifikasi aplikasi pakan buatan pada usaha pembesaran ikan lele dumbo (Clarias sp).

Kejuaraan tersebut berhasil membawanya ke kancah internasional. Ia terdaftar menjadi peserta Regeneron Intel International Science and Engeneering Fair (IISEF) di Amerika Serikat yang akan berlangsung pada 15 Mei 2020.

"Saya mewakili Kementerian Sosial, dan Dinsos Lebak khususnya, turut bangga dan akan mendukung Putri agar bisa berangkat ke Amerika dengan lancar dan selamat sehingga bisa mengikuti lomba dengan baik," ujar Ari.

Selain mengapresiasi, Mensos juga turut membekali Putri dengan beberapa pesan, utamanya terkait dengan penguasaan bahasa asing selama berada di Amerika.

"Terutama bahasa, penguasaan bahasa yang sekarang masih agak pasif agar semakin diasah. Masih ada waktu dua bulan lagi untuk belajar berkomunikasi pakai bahasa Inggris," pesan bapak dua anak itu kepada Putri.

Sementara itu, Rohmah, ibu kandung dari Putri Uswatun mengaku bangga atas prestasi yang telah dicapai anaknya.

"Alhamdulillah, anak saya dianggap memiliki prestasi. Dan sekarang akan ikut ajang internasional di luar negeri," ujarnya penuh haru.

Ia menjelaskan, meski secara ekonomi tergolong tidak mampu, karena hanya berprofesi sebagai buruh tani di desa, namun berkat bantuan dan dorongan PKH, anaknya mampu menunjukkan prestasi yang menggembirakan.

"Putri Uswatun memang anaknya rajin belajar. Dan membantu saya juga dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari di rumah. Bagi kami, pendidikan itu sangat penting," ungkapnya.