Kalau mau maju, kuncinya inovasi; Sulteng harus ambil manfaat

id Hasanuddian Atjo

Kalau mau maju, kuncinya inovasi; Sulteng harus ambil manfaat

Pesawat drone (Kompas) (ANTARA/HO-Kompas media)

Palu (ANTARA) - Pesawat Drone, boleh dikata pesawat tanpa awak yang awalnya dipergunakan untuk mengambil gambar. Apakah foto atau vidio dari ketinggian dengan sistem kendali digital.

Drone kini mulai ramai digunakan di usaha pertanian dengan tujuan pemupukan dan penyemprotan dari udara, agarusaha tani lebih efisien dan terukur.

“Taxi Drone” mulai dipikirkan untuk menjadi alat transportasi manusia agar terhindar dari kemacetan serta ramah lingkungan, karena tidak menimbulkan gas buang karbon. Dan ini akan menjadi peluang baru bagi sejumlah industri utama dan penunjang.

Baterai merupakan energi penggerak atau jantung dari pesawat drone sehingga keberadaan industri baterai akan menjadi kunci berkembangnya bisnis ini.

Pabrik baterai lithium sedang dibangun di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Di satu sisi membanggakan. Namun disisi lain Sulawesi Tengah harus mampu mengambil manfaat terkait dengan penyediaan tenaga kerja trampil dan bersertifikat.

Pengembangan pendidikan vokasi terkait dengan industri itu harus jadi skala prioritas.

Selain itu tatakelola harus di atur, agar industri ini ramah lingkungan. Harus ada redesain terhadap eksploitasi tambang nikel yang merupakan sumber lithium buat baterai dan saat ini sedang berlangsung.

Pesta demokrasi yang akan memilih pemimpin daerah di tahun 2020, menjadi kunci untuk mendapatkan pemimpin yang bisa mengakomodir kepentingan daerah dan ramah lingkungan terhadap industri tambang dan baterai lithium. SEMOGA.

Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar