Satu bakal calon wali kota Palu penuhi syarat dukungan parpol

id Pilkada Palu,Hadiyanto Rasyid,Pilwakot

Satu bakal calon wali kota Palu penuhi syarat dukungan parpol

Ketua DPD Partai Hanura Hadiyanto Rasyid (kiri) bersama Ketua DPC PKB Kota Palu Alimuddin Alibau dalam satu acara Partai Hanura di Kota Palu. (ANTARA/HO-Alimuddin)

Palu (ANTARA) - Satu pasangan bakal calon Wali Kota Palu dan Wakil Wali Kota Palu Hadiyanto Rasyid - Reny Lamadjido dipastikan telah memenuhi syarat untuk diusung menjadi calon wali kota/wakil wali kota pada Pilkada 2020 setelah mendapat rekomendasi dari dua partai politik (parpol).

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Palu Alimuddin Alibau, Rabu malam di Palu, mengatakan pasangan bakal calon wali kota/wakil wali kota tersebut diusung PKB dan Partai Hanura dengan tujuh kursi di DPRD setempat.

"DPP PKB sudah mengeluarkan rekomendasi pasangan Hadiyanto Rasyid dan Reny Lamadjido," katanya.

Hadiyanto saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Sulawesi Tengah dan mantan anggota DPRD Sulteng. Sementara Reny Lamadjido menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.

Menurut Alimuddin, dari delapan bakal calon yang mendaftar di PKB, pimpinan tertinggi di partai itu memutuskan mengusung Hadiyanto setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dia mengatakan dua alasan PKB mengusung Hadiyanto-Reny.

"Pertama, saat Hadiyanto mengikuti uji kepatutan dan kelayakan, beliau langsung membawa rekomendasi dari Hanura, sehingga jelas ada jaminan koalisi tersebut" kata Alimuddin.

Kedua, kata dia, Hadiyanto juga membawa hasil survei dari salah satu lembaga survei kredibel sehingga PKB memiliki referensi yang cukup untuk mengusung pasangan tersebut.

"Dua alasan itu sehingga DPP memutuskan mengusung Hadiyanto," katanya.

Di DPRD Kota Palu, PKB memiliki tiga kursi, dan Hanura mengantongi empat kursi sehingga dua partai itu memenuhi syarat 20 persen dari total 30 kursi di DPRD Palu.

Alimuddin mengatakan koalisi PKB-Hanura ini sedang membangun komunikasi dengan PDI Perjuangan sehingga dukungan koalisi untuk mendukung Hadiyanto-Reny semakin kuat.

Dia mengatakan kemungkinan koalisi partai ini akan mendeklarasikan pasangan calon yang akan diusung pada April 2020.

"Kita akan deklarasi di bulan Ramadan," katanya.