Pemuda Jayapura apresiasi kinerja TNI-Polri evakuasi warga Tembagapura

id papua,sentani

Pemuda Jayapura apresiasi kinerja TNI-Polri evakuasi warga Tembagapura

Seorang personel Brimob sedang membagikan kotak berisi makanan kepada warga pengungsi yang terpaksi dievakuasi karena mendapat ancaman dari KKB di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. (ANTARA /HO-Humas Polda Papua)

Kami kutuk aksi-aksi yang dilakukan oleh KKB terhadap saudara-saudara kami di sana, apalagi kami semua adalah sesama orang Papua, ini perbuatan tidak manusiawi yang dilakukan oleh KKB
Jayapura (ANTARA) - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Flice Arwin Yoku mengapresiasi kinerja TNI-Polri yang telah melaksanakan tugas kemanusiaan mengevakuasi masyarakat yang mendapat perlakuan keji dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Tembapura, Kabupaten mimika, Papua.

"Aksi keji yang dilakukan oleh KKB terhadap masyarakat Distrik Tembagapura adalah perbuatan yang patut mendapat kutukan," katanya dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Kota Jayapura, Papua, Kamis.

"Kami kutuk aksi-aksi yang dilakukan oleh KKB terhadap saudara-saudara kami di sana, apalagi kami semua adalah sesama orang Papua, ini perbuatan tidak manusiawi yang dilakukan oleh KKB," katanya lagi.

Masyarakat di Distrik Tembapura terutama empat kampung yang santer diberitakan, kata dia, merasa terancam karena didatangi KKB.

"Mereka terancam tidak mendapatkan bahan makanan sehingga dari mereka banyak yang kelaparan. Perbuatan KKB itu adalah sesuatu hal yang tidak manusiawi dan itu patut untuk dicegah," katanya.

Ketua KNPI Distrik Sentani berterima kasih dan mengapresiasi petugas keamanan Polri-TNI yang telah turun langsung ke Distrik Tembagapura dan mengevakuasi masyarakat di sana dari aksi keji KKB.

Baca juga: Sering diiteror KKB, 800 warga dievakuasi Polri dari pegunungan Timika
Baca juga: Kapolda Papua: KKB sempat sandera tiga guru di Tembagapura
Baca juga: Dua kelompok anggota KKB tewas saat kontak tembak di Intan Jaya