PMI bantu Rp13 miliar untuk 2.314 KK korban bencana di Sigi

id PMi

PMI bantu Rp13 miliar untuk 2.314 KK korban bencana di Sigi

Wakil Gubernur Sulteng, Rusli Dg Palabbi (kiri) menyerahkan bantuan non tunai berupa kartu CTP dari IFRC kepada salah satu KK penerima bantuan di SDN 2 Mpanau, Desa Mpanau Kabupaten Sigi, Jumat (12/3). (Foto : ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng).

Sigi (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) menyalurkan Bantuan Non Tunai (BNT) sebesar Rp13 miliar kepada 2.314 Kepala Keluarga (KK) korban bencana 2018 di Kabupaten Sigi, Jumat.



Bantuan dalam bentuk kartu Cash Transfer Program (CTP) yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Sulteng, Rusli Dg Palabbi di SDN 2 Mpanau Desa Mpanau itu, Jumat, berasal dari International Federation of the Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) atau Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.



"Besar bantuan yang diterima setiap KK via rekening per bulan mencapai Rp2 juta dan akan diangsur selama 3 kali mulai bulan ini," kata Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Letjen (Purn) Sumarsono dalam kesempatan itu.



Program tersebut, lanjutnya adalah bentuk akuntabilitas PMI dan merupakan prioritas dalam setiap kegiatan PMI agar bantuan demi bantuan yang disalurkan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.



“Harapan Saya bantuan non tunai ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar dia.



Sementara Wagub Sulteng, Rusli Dg Palabbi dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan PMI sejak masa tanggap darurat pascabencana sampai masa rehabilutasi dan rekonstruksi saat ini.



“Banyak yang sudah dilakukan PMI dalam membantu tugas pemerintah selama bencana, salah satunya kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana,”ujarnya.



Ia berharap bantuan yang diberikan dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk terus pulih dan kembali beraktivitas seperti sediakala dan dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar