2.314 keluarga korban bencana Sigi terima bantuan Rp13 miliar

id Pasigala ,Sulteng ,Sigi,Sandi ,PMI,PMI Sulteng

2.314 keluarga korban bencana Sigi  terima bantuan Rp13 miliar

Wakil Gubernur Sulteng Rusli Dg Palabbi (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan nontunai dari PMI yang bersumber dari IFRC berupa CTP kepada salah satu KK di SDN 2 Mpanau Desa Mpanau, Kabupaten Sigi, Jumat (13/3/2020). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng

Sigi (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) menyalurkan Bantuan Non Tunai (BNT) Rp13 miliar kepada 2.314 keluarga korban bencana alam pada 2018 di Kabupaten Sigi, Jumat (13/3).



Bantuan dalam bentuk kartu Cash Transfer Program (CTP) yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Sulteng Rusli Dg Palabbi kepada perwakilan warga di SDN 2 Mpanau Desa Mpanau itu, berasal dari International Federation of the Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) atau Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.



"Besar bantuan yang diterima setiap KK via rekening per bulan mencapai Rp2 juta dan akan diangsur selama tiga kali mulai bulan ini," kata Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Letjen TNI (Purn) Sumarsono.



Program tersebut, lanjutnya, bentuk akuntabilitas PMI dan prioritas setiap kegiatan PMI agar bantuan demi bantuan yang disalurkan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.



“Harapan saya bantuan nontunai ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar dia.



Wagub Sulteng Rusli Dg Palabbi menyampaikan terima kasih atas bantuan PMI sejak masa tanggap darurat pascabencana sampai masa rehabilitasi dan rekonstruksi saat ini.



“Banyak yang sudah dilakukan PMI dalam membantu tugas pemerintah selama bencana, salah satunya kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana,”ujarnya.



Ia berharap, bantuan itu membangkitkan semangat masyarakat untuk pulih dan kembali beraktivitas seperti sediakala serta dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya.