Yerusalem Buka RS Peninggalan Perang Salib

id yerusalem, perang salib

Yerusalem Buka RS Peninggalan Perang Salib

Lokasi Perang Salib (REUTERS/Baz Ratner )

Jakarta (antarasulteng.com) - Satu rumah sakit besar yang dulu digunakan untuk menampung tentara pasien Perang Salib akan segera dibuka di Yerusalem, sebagaimana diungkap Israeli Antiqities Authority (IAA).

Hingga sekitar sepuluh tahun yang lalu, bangunan itu digunakan sebagai pasar buah dan sayuran di Kota Tua Yerusalem. Padahal, dulunya tempat itu diyakini dipenuhi pasien dan dokter saat masa Perang Salib.

Ketika satu perusahaan pengembang berniat mengubah bangunan itu menjadi restoran, IAA meminta ahli arkeologi menyelidiki banguan tua berusia 900 tahun itu. 

Hanya beberapa bagian bangunan yang terungkap saat penggalian baru-baru ini. Kompleks medis itu dulu mencakup 1,5 hektar.

Rumah sakit itu dibangun oleh laskar Kristen, Ordo Santo Yohanes (Order of Saint John), di Yerusalem, yang juga dikenal dengan nama Knight Hospitallers.

Mereka merawat siapa saja, tanpa melihat agama yang dianut pasien; termasuk menampung anak-anak yatim-piatu. 

"Para ksatria Kristen budiman ini bersumpah untuk merawat dan mengawasi peziarah, dan bila diperlukan, bergabung dengan pejuang sebagai pasukan elit," kata direktur ekskavasi, Renee Forestany dan Amit Re'em, seperti yang dilaporkan Live Science.