Euro dan Copa America diundur, Piala Dunia Antarklub juga ikut terdampak

id piala dunia antarklub,fifa,olahraga terdampak corona,gianni infantino,uefa,conmebol,euro 2020,copa america

Euro dan Copa America diundur, Piala Dunia Antarklub juga ikut terdampak

Foto dokumentasi: Kapten Liverpool Jordan Henderson mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub seusai menjadi juara dengan mengalahkan Flamengo 1-0 dalam partai final di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Sabtu (21/12/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Jakarta (ANTARA) - Piala Dunia Antarklub 2021 yang jadi edisi inagurasi format 24 tim kemungkinan bakal ikut terdampak penundaan Euro 2020 dan Copa America 2020 yang diundur setahun karena pandemi COVID-19.

Presiden FIFA Gianni Infantino dalam pernyataannya di laman resmi FIFA, Selasa malam, mengatakan akan menggelar telekonferensi untuk membicarakan opsi penjadwalan ulang Piala Dunia Antarklub 2021.

Infantino menyebutkan setidaknya ada tiga opsi yang bisa ditempuh untuk edisi inagurasi format baru Piala Dunia Antarklub, yakni tetap digelar pada 2021 tapi memilih bulan-bulan akhir, diundur ke 2022 atau bahkan ke 2023.

"Akan dibangun pula diskusi dengan federasi sepak bola China dan pemerintah setempat mengenai penundaan Piala Dunia Antarklub 2021 guna meminimalisir dampak negatif," kata Infantino dalam pernyataannya.

Infantino juga akan membicarakan mengenai berbagai penjadwalan laga-laga internasional yang saat ini tertangguhkan karena pandemi COVID-19.

Ia berharap solusi terbaik bisa ditemukan sebelum akhir April.

UEFA baru saja mengumumkan penundaan Euro 2020 ke tahun 2021 demi memberikan kesempatan liga-liga domestik maupun kompetisi antarklub Eropa musim 2019/20 bisa dirampungkan hingga musim panas.

Sejalan dengan itu, CONMEBOL, juga mengumumkan keputusan memundurkan Copa America yang sedianya digelar di Argentina dan Kolombia musim panas nanti ke tahun depan.