Besok, Pemkab Sigi semprotkan desinfektan cegah COVID-19

id Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Covid19,Corona,Dinkes Sigi

Besok, Pemkab Sigi semprotkan desinfektan cegah COVID-19

ASN di Dinkes Sigi melakukan kampanye pencegahan virus COVID 19, dengan membiasakan pola hidup sehat. (ANTARA/HO/Foto Dinkes Sigi)

Saat ini ada empat warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Namun bukan suspeck
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, segera melakukan penyemprotan desinfektan pada fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di daerah itu.

"Penyemprotan akan dilakukan secara bertahap," kata Juru Bicara Pemkab Sigi terkait penanganan penyebaran virus COVID-19, dr Rika F Sakaruddin, di Sigi, Kamis.

Pemkab Sigi, kata Rika, akan memulai penyemprotan desinfektan di fasilitas umum dan fasilitas sosial, pada Jumat (20/3).

"Besok (Jumat, 20/3) sudah dimulai," sebut Rika.

Rencananya, otoritas Pemkab Sigi dalam penanganan penyebaran COVID-19 akan mengawali penyemprotan di Polres Sigi.

Selain penyemprotan desinfektan, Pemkab Sigi juga melakukan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat terkait pencegahan wabah penyakit itu.

"Saat ini tengah gencar-gencarnya Pemkab Sigi melakukan sosialisasi dan penyuluhan sampai di tingkat desa," kata Rika.

Sosialisasi itu dilaksanakan dengan dua langkah, yakni tatap muka dan lewat media berupa, brosur, leaflet dan baliho, yang melibatkan seluruh puskesmas di tingkat kecamatan di Sigi.

Hingga saat ini belum ada warga di Sigi yang dinyatakan oleh pemerintah daerah setempat positif terkonfirmasi virus COVID-19.

"Saat ini ada empat warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Namun bukan suspeck," kata Rika.

Terhadap empat warga tersebut, saat ini menjalani isolasi rumah, tata laksana sesuai keluhan, dan diobservasi setiap hari oleh tim medis dari puskesmas.

Penanganan juga diikutkan dengan penyuluhan di lingkungan sekitarnya.

Otoritas Pemkab Sigi melalui Rika Sakaruddin mengimbau warga di daerah tersebut, agar tidak panik, namun tetap waspada, dengan menjaga situasi tetap tenang, diikutkan dengan membiasakan pola hidup bersih dan sehat.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar