Pemprov Sulteng semprot desinfektan di IAIN cegah penyebaran COVID-19

id IAIN Palu,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Pemprov Sulteng semprot desinfektan di IAIN cegah penyebaran COVID-19

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd bersama Pengelola Program Kesehatan Lingkungan, Kerja dan Olahraga  Dinas Kesehatan Sulteng, Mohammad Taufiq di IAIN Palu, Jumat. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di kampus tersebut, Jumat (20/3).

"Hingga Jumat (20/3) pukul 15.00 wita, penyemprotan desinfektan baru berlangsung di dua lembaga atau badan publik," ucap Pengelola Program Kesehatan Lingkungan, Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Sulteng, Mohammad Taufiq di IAIN Palu, Jumat.

Otoritas provinsi setempat menyebut telah melakukan penyemprotan desinfektan di ruang kerja dan lingkungan DPRD Sulawesi Tengah dan IAIN Palu.

Penyemprotan desinfektan di IAIN Palu dilakukan berkat kerja sama antara tim Satgas Pencegahan Penyebaran COVID-19 IAIN Palu dan otoritas Pemprov Sulteng.

Otoritas Pemprov Sulteng menurunkan tim yang dipimpin oleh Mohammad Taufik beranggotakan lima orang. Penyemprotan dimulai dari lingkungan (luar ruangan) dan di ruang kerja dan kelas belajar.

Terkait penyemprotan desifektan itu, Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd mendukung penuh langkah otoritas setempat melakukan upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19.

"IAIN Palu turut serta menindaklanjuti surat edaran Gubernur Sulteng Longki Djanggola mengenai pencegahan COVID-19, dengan menyosialisasikan edaran itu kepada masyarakat, khususnya kepada mahasiswa IAIN Palu," sebut Prof Sagaf.

Kurang lebih terdapat 20 poin penting dalam surat edaran Gubernur Sulteng, di antaranya mengenai membiasakan atau membudayakan hidup bersih dari diri sendiri dan keluarga.

Menindaklanjuti edaran itu, Prof H Sagaf Pettalongi yang juga Wakil Ketua Umum MUI Sulteng itu menghimbau kepada masyarakat, utamanya mahasiswa untuk membiasakan mencuci tangan sesudah beraktivitas.

"Membatasi kontak fisik, serta menjaga jarak dengan seseorang yang dinyatakan terkonfirmasi COVID-19," imbuhnya.

Dia juga mengimbau kepada mahasiswa untuk menghindari kegiatan yang menghadirkan masa dengan jumlah banyak, serta mengkonsumsi makanan yang sehat dengan protein yang tinggi.

"Menjaga kesehatan fisik dengan berolahraga serta mengkonsumsi vitamin," ujarnya.

Komponen civitas akademik IAIN Palu, akui dia berharap agar wabah penyakit tersebut cepat selesai, sehingga seluruh pihak dapat kembali beraktivitas seperti sebelumnya.

IAIN Palu dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 telah membentuk satgas yang diketuai oleh Drs H Iskandar M.Sos.I lewat keputusan Rektor Prof Sagaf, nomor : 211/tahun 2020.
Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd bersama Pengelola Program Kesehatan Lingkungan, Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Sulteng, Mohammad Taufiq di IAIN Palu, Jumat. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar