Pelindo IV-SeaLand lakukan pelayaran perdana ke negara Asia

id PT Pelindo IV, direct call, SeaLand,COVID-19, Makassar

Pelindo IV-SeaLand lakukan pelayaran perdana  ke negara Asia

Suasana pengapalan komoditas unggulan Sulsel yang siap dikirim ke sejumlah negara Asia melalui Terminal Petikemas Makassar (TPM), Jumat. ANTARA Foto/HO/Humas Pelindo IV Makassr

Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) bekerja sama dengan SeaLand (Maersk Line Group) melakukan pelayaran langsung ke luar negeri) sebanyak 39 kontainer melalui Terminal Petikemas Makassar (TPM) ke sejumlah negara Asia.

Hal itu dikemukakan Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, untuk pengapalan hari ini yang sudah disterilisasi, sebagian besar memuat komoditas unggulan asal Sulawesi Selatan melalui konsolidasi kargo dari semua atau eksportir yang ada.

Komoditas unggulan tersebut diantaranya produk perikanan seperti ikan beku, gurita, udang, cumi dan rumput laut yang cukup banyak terdapat di Sulsel.

Adapun negera tujuan dari komoditas andalan Sulsel itu diantaranya ke China, Thailand, Malaysia dan Filipina yang menggunakan kapal Maersk Wolgast.

"Kapal itu dengan jumlah bongkar sebanyak 39 box dan akan naik menjadi sembilan box kontainer," katanya.

Farid berharap direct call yang dilakukan bersama SeaLand untuk menopang peningkatan jumlah ekspor dari Sulsel, sehingga juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi di wilayah ini.

"Semoga dengan kerja sama ini, direct call utamanya dari Makassar sebagai hub Kawasan Timur Indonesia akan terus meningkat," ujarnya.

Sebelumnya, PT Pelindo IV juga sudah melakukan kerja sama direct call dengan salah satu perusahaan pelayaran asing asal Hongkong.
Dirut PT Pelindo IV Makassar Farid Padang. ANTARA Foto/ Suriani Mappong
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar