KPU Poso tetapkan 858 calon anggota PPS

id poso,kpu poso,pilkada poso 2020

KPU Poso tetapkan 858 calon anggota PPS

Proses perekrutan calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso untuk Pilkada bupati dan wakil bupati Poso tahun 2020. (ANTARA/Fery Timporosa)

Poso (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Poso telah menetapkan sebanyak 858 calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas pada pemilihan Gubernur  dan wakil gubernur Sulawesi Tengah serta pemilihan Bupati Poso dan wakil Bupati Poso 2020.

Dari 858 yang telah ditetapkan lolos seleksi tahapan tanggapan masyarakat itu, sebanyak 510 yang akan dilantik sebagai anggota resmi PPS atau yang masuk dalam nomor urut 1-3, sementara sisanya  348 yang nomor urut 4-6 akan menjadi Pergantian Antar Waktu (PAW).

"Pelantikan sesuai jadwal pada Minggu 22/3 pukul 14.00 wita," ujar Komisioner KPU Poso Wilianita, Sabtu.

Kata Wilianita, pelantikan PPS akan dilaksanakan secara serentak di lima wilayah berbeda. Pembagian wilayah itu,  merupakan bagian dari upaya pihak KPU untuk  meminimalisir jumlah peserta berkumpul dalam satu tempat sesuai dengan  surat Dinas KPU RI Nomor 259/PP.04.2-SD/01/KPU/III/2020 Tanggal 19 Maret 2020, tentang Penegasan Mekanisme Kerja Teknis Pelaksanaan Tahapan Pemilihan 2020.

Baca juga: KPU umumkan 861 calon PPS Poso lulus tes wawancara

Pembagian lima wilayah yakni, untuk wilayah I mencakup Kecamatan Poso Kota, Poso Kota Utara, Poso Kota Selatan, Lage, Poso Pesisir, Poso Pesisir Selatan dan Poso Pesisir Utara yang berpusat pelantikan di Kecamatan Poso Kota.

Untuk wilayah II yakni Kecamatan Pamona Barat, Pamona Puselemba, dan Pamona Utara yang berpusat di Kota Tentena. Sementara Wilayah III  di Kecamatan Pamona Timur, Pamona Tenggara, Pamona Selatan yang berpusat di Desa Peura.

Wilayah IV  meliputi Kecamatan Lore Selatan dan Kecamatan Lore Barat yang berpusat di Desa Gintu. Dan wilayah V meliputi Kecamatan Lore Tengah, Lore Utara, Lore Peore, Lore Timur yang berpusat di Desa Watuawu.

Baca juga: KPU Poso gelar seleksi tertulis calon PPS
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar