Nilam Sari Lawira usul tiga langkah cegah COVID-19 kepada gubernur

id Nilam Sari Lawira,NasDem,Corona,Dprd sulteng

Nilam Sari Lawira usul tiga langkah cegah COVID-19 kepada gubernur

Ketua DPRD Sulteng Dr Hj Nilam Sari Lawira (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Ketua DPRD Sulawesi Tengah Dr Hj Nilam Sari Lawira di Palu, Minggu, mengusulkan tiga langkah pencegahan dan penanganan penyebaran COVID-19 kepada Pemprov Sulteng.

"Sore ini, saya telah menyarankan pada Gubernur Sulteng untuk segera mengambil tindakan dalam bentuk program guna meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan penanggulangan dampak bencana COVID-19 serta untuk menciptakan situasi ketenangan bagi warga Sulteng," ucap Nilam Sari Lawira.

Nilam Sari menyebut paling tidak, tiga langkah strategis yang harus ditempuh. Pertama, mengubah fungsi gedung diklat milik dinas dan OPD, sebagai rumah sakit sementara sekaligus ruang isolasi bagi pasien dalam pengawasan (PDP) maupun pasien positif corona (PPC).

"Hal itu dimaksudkan untuk melakukan karantina spesifik dan memisahkan ruang interaksi antara pasien umum di rumah sakit dengan pasien terjangkit corona," kata Nilam.

Baca juga: Ketua DPRD: Pemprov kedepankan langkah pencegahan COVID-19

Kedua, Nilam yang merupakan istri Waketum DPP NasDem Ahmad Ali meminta Gubernur Longki Djanggola segera membuka pendaftaran dan melakukan rekruitmen relawan tenaga medis bencana non-alam COVID-19.

Rekrutan itu diutamakan kepada kampus-kampus dan sekolah-sekolah keperawatan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan bencana non-alam corona.

Ketiga, meminta gubernur segera melakukan rapat terbatas bersama seluruh kepala daerah dalam rangka mengetahui kesiapan tiap-tiap daerah dalam menghadapi wabah COVID-19.

"Tiga hal ini menjadi penting dilakukan guna meminimalisir dampak negatif dan meningkatkan kewaspadaan dini pada seluruh masyarakat," kata Perempuan Politisi NasDem itu.

Menurut dia, kebijakan strategis ini sekaligus bertujuan memberikan gambaran kepastian dan penanganan yang lebih maksimal bagi perlindungan masyarakat Sulawesi Tengah dari dampak bencana wabah Covid 19.

Sekaligus, bagi dia memberikan rasa ketenangan pada masyarakat bahwa Pemerintah Sulawesi Tengah akan melakukan segala cara yang terbaik untuk memastikan keselamatan warganya.

Baca juga: DPRD Palu temukan harga sejumlah komoditas pangan alami kenaikan tajam
Baca juga: DPRD Palu: Pemkot secepatnya segera revisi anggaran untuk COVID-19