Pesta Kesenian Bali Libatkan Ratusan Grup Kesenian

id Pesta Kesenian Bali

Pesta Kesenian Bali Libatkan Ratusan Grup Kesenian

Sejumlah seniman membawakan Tari Cak Body dalam parade budaya di Gianyar, Bali, Rabu (18/4). Kegiatan bidang seni budaya yang melibatkan ribuan seniman itu untuk memperingati HUT ke 241 kota pusat kesenian itu sekaligus untuk pemilihan seniman-seniman muda berbakat menjelang Pesta Kesenian Bali (PKB

Tim kesenian itu antara lain dari Jawa Timur, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Mataram, Ternate, Sulawesi Tengah, Palangkaraya, Balikpapan, Kalimantan Timur dan Maluku.
Denpasar - Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXIV tahun 2012 yang berlangsung selama sebulan melibatkan 334 sekaa (grup) kesenian dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali.

"Ratusan sekaa itu melibatkan tidak kurang dari 15.000 seniman yang akan pentas secara bergantian selama sebulan penuh kegiatan itu berlangsung, 10 Juni-9 Juli 2012," kata Panitia PKB I Gede Arya Sugiartha di Denpasar, Minggu.

Menjelang pelaksanaan dimulainya pawai PKB dan pembukaan aktivitas seni tahunan yang akan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Minggu (10/6) sore, selama sebulan penuh itu pementasan berlangsung mulai dari pagi, siang, sore hingga malam.

Pementasan di pusatkan pada enam panggung di Taman Budaya Denpasar dan sejumlah panggung di kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar yang lokasikan saling bersebelahan.

Arya Sugiarta yang juga Pembantu Rektor II ISI Denpasar itu menambahkan, selain sekaa kesenian lokal Bali, PKB kali ini juga dimeriahkan tim kesenian dari 24 kabupaten, kota dan provinsi di Indonesia.

Tim kesenian itu antara lain dari Jawa Timur, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Mataram, Ternate, Sulawesi Tengah, Palangkaraya, Balikpapan, Kalimantan Timur dan Maluku.

Demikian pula enam grup kesenian dari empat negara yang meliputi Jepang, Amerika Serikat, India dan Inggris.

Arya Sugiartha menilai, kehadiran seniman luar daerah maupun mancanegara itu sangat penting artinya dalam membuka cakrawala pandang bagi seniman dan masyarakat Pulau Dewata.

Selain itu mampu saling isi mengisi, tukar menukar pengalaman dan pengetahuan, sebagai upaya memperkaya khasanah budaya bangsa, ujar Arya Sugiartha.(I006)