Sulteng sediakan 667 tempat tidur cadangan untuk pasien COVID-19

id GUBERNUR SULTENG,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Sulteng sediakan  667 tempat tidur cadangan untuk pasien COVID-19

Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyemangati tenaga medis yang ada di RS Undata, serta memberikan suplemen vitamin. (ANTARA/HO/Biro Humas Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyediakan 667 tempat tidur cadangan di luar kamar di rumah sakit rujukan untuk penanganan  pasien COVID-19 yang ada di Kota Palu.

"Mari kita sama-sama punya itikad memerangi COVID-19," kata Gubernur Sulteng Longki Djanggola dalam keterangan tertulis Biro Humas Setda-Pemprov Sulteng, di Palu, Senin.

Dalam keterangan tertulis Biro Humas Pemprov Sulteng dinyatakan bahawa, Gubernur telah menetapkan dan juga meminta Kepala BPSDM untuk menyiapkan ruangan di gedung diklat provinsi sebagai kamar penanganan COVID-19 bila kamar di RS tidak mampu menampung.

Selain itu, Pemprov Sulteng juga menyiapkan ruangan gedung LPMP, Bapelkes dan Asrama Haji sebagai cadangan kamar untuk menunjang penanganan COVID-19.



Terkait kekurangan APD (Alat Pelindung Diri) yang dibutuhkan para tenaga medis, maka disiasati dengan membuat mandiri perlengkapan protektif itu.

Untuk tahap awal, kata Gubernur, akan dibuat sebanyak 500 APD untuk para tenaga medis, yang dalam pembuatannya bekerjasama dengan SMKN 1 dan SMKN 5.

Kemudian, untuk mengantisipasi kekurangan tenaga medis, Pemprov Sulteng lewat Gubernur telah meminta Dinas Kesehatan untuk merekrut relawan.

Saat ini berdasarkan data Pemprov Sulteng telah ada 48 orang yang telah mendaftar dan bersedia menjadi relawan dalam pencegahan dan antisipasi COVID-19 di Sulteng.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola juga memotivasi dan menyemangati tenaga medis termasuk tenaga medis di RS Undata, untuk tetap bekerja melayani masyarakat.

"Saya harap kalian betul-betul jadi ujung tombak pelayanan terhadap kesembuhan pasien," kata Gubernur Longki Djanggola.

Kepada tenaga medis, Gubernur Sulteng juga menyerahkan bantuan suplemen berupa makanan, susu dan vitamin untuk menjaga stamina dan imunitas tubuh paramedis Undata.

Bahkan kepada petugas kesehatan yang menangani corona, Gubernur memastikan ada insentif khusus yang akan diterima.*
 
Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyemangati tenaga medis yang ada di RS Undata, serta memberikan suplemen vitamin. (ANTARA/HO/Biro Humas Pemprov Sulteng)