Fraksi NasDem desak Pemkab Sigi tingkatkan pencegahan COVID-19

id FRAKSI NASDEM,Covid,Corona,Sigi,Nasdem sigi

Fraksi NasDem desak Pemkab Sigi tingkatkan pencegahan COVID-19

Endang Herdianti (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Terkait situasi pandemi COVID-19 di Sigi, Pemkab Sigi haeus lebih siap dalam penanganan dan pencegahannya
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Fraksi NasDem di DPRD Sigi, Sulawesi Tengah, mendesak pemerintah kabupaten itu meningkatkan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 untuk melindungi warga dari wabah penyakit itu.

"Terkait situasi pandemi COVID-19 di Sigi, Pemkab Sigi haeus lebih siap dalam penanganan dan pencegahannya," ucap Ketua Fraksi NasDem di DPRD Sigi, Endang Herdianti di Sigi, Sabtu.

Dalam keterangan tertulisnya, ia menyesalkan lolosnya sembilan orang TKW yang baru kembali dari Dubai dan Malaysia tanpa pemeriksaan dari petugas kesehatan dan karantina sehingga langsung berbaur dengan keluarga.

Fraksi NasDem, sebut dia, menilai hal itu menunjukkan bahwa Pemkab Sigi hingga saat ini belum memiliki sistem dan mekanisme pencegahan serta penanganan pandemik COVID-19.

"Situasi ini tentu akan semakin memudahkan penyebaran virus dan semakin membahayakan keselamatan masyarakat Sigi secara umum," sebut dia.

Seharusnya Pemkab Sigi, menurut Fraksi NasDem, jauh sebelumnya harus telah menyiapkan mekanisme pencegahan dan penanganan penyebaran COVID-19, tanpa harus menunggu ada warga yang dinyatakan positif.

Dia mengatakan Kabupaten Sigi sangat rentan terhadap penyebaran COVID-19, sebab beberapa titik di wilayah ini merupakan kantong buruh migran.

Olehnya, Pemkab Sigi harus bergerak cepat untuk mengatasi penyebaran COVID-19, salah satunya dengan melakukan pengawasan secara sistematis terhadap orang yang keluar dan masuk ke wilayah Sigi.

"Utamanya warga yang bekerja di luar negeri menjadi TKW. Pemkab harus memiliki data, wilayah mana saja yang mengirimkan TKW ke luar negeri, terhadap wilayah-wilayah tersebut dilakukan pengawasan yang efektif dengan memanfaatkan struktur pemerintah sampai pada RT (Rukun Tetangga)," katanya.

"Saya mengkhawatirkan kelambanan dalam penanganan COVID-19 dapat memicu percepatan serta perluasan pandemi COVID-19, Oleh karena itu saya meminta Pemkab untuk fokus mengurus COVID-19," ujarnya.

Baca juga: DPRD Sigi minta Pemkab segera lakukan penyemprotan desinfektan
Baca juga: Nilam Sari Lawira usul tiga langkah cegah COVID-19 kepada gubernur
Baca juga: Ketua DPRD: Pemprov kedepankan langkah pencegahan COVID-19