Pemkot Palu kucurkan Rp1 miliar ke rumah sakit tangani COVID-19

id Rs anutapura, corona, pemkot palu

Pemkot Palu  kucurkan Rp1 miliar ke rumah sakit tangani COVID-19

Dok, Dua dokter spesialis sedang memeriksa pasien yang diduga terpapar virus korona saat simulasi penanganan pasien di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (4/3/2020). ANTARA/Rangga Musabar

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk penanganan virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Umum Anutapura.

"Kami sudah menerima dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan peralatan rumah sakit dalam penanganan penyebaran COVID-19 di Palu," kata Plt Direktur Utama RS Anutapura Palu dr Hery Mulyadi, di Palu, Senin.

RS Anutapura Palu adalah salah satu rumah sakit rujukan selain Undata di ibu kota Sulawesi Tengah untuk penanganan pasien terpapar virus corona.

Berdasarkan data sementara, di Palu dua pasien terkonfirmasi positif COVID-19, sedang dirawat intens di ruang isolasi dan kondisi kesehatan mereka terus membaik.

Hery menjelaskan, RS Anutapura Palu saat ini sedang kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas medis di ruang isolasi.

Dengan kucuran dana Rp1 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palu tersebut kata dia, akan digunakan untuk pemenuhan perlengkapan dan peralatan medis berstandar internasional untuk pelayanan pasien terinfeksi virus corona.

"Saat ini kami sedang menghitung kebutuhan, apakah ke depan ada penambahan dokter maupun tenaga medis lainnya khusus penanganan pasien COVID-19," kata dia menambahkan.

Menurutnya, pemberlakuan medis terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun pasien yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) serta sudah terkonfirmasi positif telah ditangani sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Ia juga mengingatkan masyarakat agar tetap berada di rumah selama masa pandemi, menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta mengurangi interaksi langsung untuk sementara waktu termasuk menghindari tempat-tempat keramaian sebagaimana edaran Pemerintah Kota Palu.

Saat ini pemerintah setempat juga membentuk posko pemeriksaan kesehatan bagi warga ke luar maupun masuk Palu di enam titik yang telah ditentukan melibatkan sejumlah pihak sebagai upaya pencegahan dini penyebaran virus.

Bahkan Pemkot Palu saat ini sudah menyiapkan dana sekitar Rp5,8 miliar untuk sejumlah instansi diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata termasuk RS Anutapura Palu untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kami masih menunggu tambahan peralatan medis agar penanganan pasien lebih optimal," kata Hery.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar