Pejabat utama Polda Aceh lalukan tes COVID-19

id Aceh,Polda Aceh,virus corona,covid-19,rapid test,pemerintah aceh,provinsi aceh,pemprov aceh

Pejabat utama Polda Aceh lalukan tes COVID-19

Direktur Sabhara Polda Aceh Kombes Pol Misbahul Munauwar menjalani pemeriksaan COVID-19 di Mapolda Aceh di Banda Aceh, Senin (30/3/2020). ANTARA/ HO/Bidhumas Polda Aceh

Banda Aceh (ANTARA) - Para pejabat utama Kepolisian Daerah  Aceh melakukan rapid test atau pengujian virus corona atau COVID-19.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono di Banda Aceh, Senin mengatakan rapid test terhadap para pejabat utama tersebut untuk memeriksa dan mengantisipasi COVID-19.

"Tes COVID-19 ini melibatkan tim medis dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan atau Biddokkes Polda Aceh. Rapid test dipusatkan di Lobi Mapolda Aceh," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Perwira menengah Polri itu menyebutkan para pejabat utama Polda Aceh yang menjalani pemeriksaan COVID-19 di antaranya Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, Wakapolda Aceh Brigjen Pol Supriyanto Tarah, Irwasda, serta para direktur, kepala bidang, dan lainnya.

"Rapid test ini dilakukan dengan memeriksa darah dan urine. Rapid test ini juga bagian dari upaya Polda Aceh mencegah dengan memutus mata rantai penyebaran virus corona," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Pemeriksaan COVID-19 tidak hanya dengan rapid test. Sebelumnya, Kapolda Aceh beserta para pejabat utama di Polda Aceh juga menjalani pemeriksaan suhu tubuh serta sterilisasi melalui bilik yang disediakan khusus.

"Usai pengecekan dan sterilisasi di bilik khusus, Kapolda Aceh bersama para pejabat utama melakukan senam AW S3 serta berjemur bersama guna meningkatkan kebugaran tubuh," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Menurut perwira menengah Polri tersebut, semua itu dilakukan Polda Aceh untuk meningkatkan fisik dan stamina personel. Apalagi dalam kondisi sekarang ini, stamina personel harus tetap prima di tengah mewabahnya virus corona atau COVID-19.

"Polda Aceh bersama jajaran terus melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan keselamatan dan kesehatan masyarakat dan personel dari penyebaran COVID-19," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Terkait pencegahan penyebaran COVID-19, Kombes Pol Ery Apriyono menyebutkan Polda Aceh dan jajaran melakukan berbagai kegiatan di antaranya penyemprotan disinfektan di tempat publik.

"Kepolisian juga menyampaikan imbauan persuasif kepada masyarakat, termasuk menyosialisasikan maklumat Kapolri menyangkut pencegahan penyebaran COVID-19," kata Kombes Pol Ery Apriyono.