IAIN Palu tunda penerimaan mahasiswa baru jalur UM-PTKIN

id UMPTKIN,IAIN Palu

IAIN Palu tunda penerimaan mahasiswa baru  jalur UM-PTKIN

Pengumuman penundaan UM-PTKIN (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, menunda pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN), berkaitan dengan situasi darurat pandemi COVID-19 atau corona.

"Iya, penundaan ini berlaku secara nasional," ucap Juru Bicara IAIN Palu Lukman Latif di Palu, Selasa.

Penundaan penerimaan mahasiswa baru jalur UMPTKIN mengacu pada surat edaran panitia nasional penerimaan mahasiswa baru PTKIN Nomor: 043/SPAN-UM/III/2020 tentang Penundaan Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM-PTKIN) Tahun 2020.

Surat edaran yang ditandatangani oleh Prof Mahmud sebagai ketua panitia pada tanggal 30 Maret di Bandung itu menyebutkan bahwa pendaftaran UM PTKIN Tahun 2020 yang sedianya akan dilaksanakan 15 April sampai 29 Mei 2020 ditunda sampai ada pengumuman selanjutnya.

"Iya belum ada informasi lanjutan mengenai kapan akan dibuka kembali pendaftaran UMPTKIN," sebut Lukman yang merupakan Kepala Sub Bagian Humas IAIN Palu.

Terdapat tiga jalur pendaftaran kuliah di IAIN Palu meliputi, SPAN, UMPTKIN dan mandiri yang pelaksanaannya tidak bersamaan.

Sebelumnya, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Palu, Sulawesi Tengah Dr H Abidin Djafar mengemukakan pendaftar atau calon mahasiswa peminat perguruan tinggi tersebut melalui jalur seleksi prestasi akademik nasional (SPAN) 2020 sebanyak 2.442 orang.

Dia mengemukakan peminat terhadap IAIN Palu melalui jalur SPAN mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan Tahun 2019 yang hanya 1.250 orang.

Pendaftaran melalui jalur SPAN telah ditutup pada 28 Februari 2020. Selanjutnya peserta akan mengikuti beberapa tahapan seleksi untuk memastikan dapat lulus di pilihan pertama atau ke dua.