Pemkab Poso sediakan tempat cuci tangan

id poso-covid,poso

Pemkab Poso sediakan tempat cuci tangan

Pemerintah Daerah Kabupaten Poso telah melakukan berbagai upaya pencegahan salah satunya dengan menyediakan tempat-tempat cuci tangan dan hand sanitizer serta melakukan penyemprotan disinfektan di perkantoran maupun tempat-tempat umum. (Foto Antara/Humas Pemkab Poso)

Poso (ANTARA) - Di tengah pro-kontra Pemerintah Kabupaten Poso melakukan sejumlah aktivitas mulai dari kegiatan rapat yang diinisiasi serta dipimpin langsung Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu dalam kesiapsiagaan Kabupaten Poso mencegah dan menangani penyebaran COVID-19 di Kabupaten Poso sampai pada peninjauan beberapa lokasi yang menyediakan tempat mencuci tangan maupun tempat pelayanan umum di Kota Poso seperti Poso City Mall, Pasar dan RSUD Poso, pada Sabtu pagi 28 Maret 2020.

Ia kembali menjalankan tugasnya sebagai Kepala Daerah dalam memastikan semua prosedur dan protokol yang diamanatkan oleh Gubernur Sulteng terkait dengan pencegahan penyebaran COVID-19, berjalan dengan baik.

Bupati Darmin yang didampingi pihak organisasi perangkat daerah terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Poso, bersama Satuan Gugus Tugas yang juga terdiri dari Ketua DPRD, Dandim 1307, Kapolres Poso dan Danyon 714/SM, juga memberikan bantuan kepada para petugas yang ada di perbatasan guna memastikan tugas dan tanggung jawab para petugas ini dapat berjalan dengan baik dengan mengutamakan keselamatannya masing-masing.


Bantuan itu berupa alat pelindung diri (APD) terdiri dari masker, pakaian pengaman, alat semprot, antiseptik dan disinfektan serta kebutuhan makanan lainnya sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap para petugas yang berjaga di perbatasan.

Pemberian bantuan dan pengecheckan pemerintah daerah di wilayah perbatasan ini mulai dari Desa Pancasila Kecamatan Pamona Timur dan Desa Barati Kecamatan Pamona Tenggara yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Morowali Utara serta Wilayah Kecamatan Pamona Selatan (Pendolo) yang merupakan perbatasan Provinsi Sulteng-Sulsel.

Bupati Darmin mengatakan bahwa kehadirannya di wilayah perbatasan tersebut bukanlah sebuah keputusan yang mudah dimana sebagai Kepala Daerah, Ia juga memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pencegahan serta penanganan COVID-19 di wilayahnya dan juga menjalankan perintah Gubernur Sulteng agar dapat memonitor serta melakukan berbagai upaya konkrit dalam pencegahan masuknya virus ini di Kabupaten Poso. “Sudah menjadi tanggung jawab saya sebagai Kepala Daerah dan juga beban moril dalam mengatur wilayah ini agar aman serta terhindar dari pandemic ini, oleh karenanya, kami Pemerintah Daerah datang ke sini bersama dengan Gugus Tugas yang telah dibentuk, selain untuk memberikan bantuan APD kepada para petugas juga untuk memberikan semangat serta dukungan moril bagi para petugas yang menjalankan tugasnya di wilayah perbatasan” aku Bupati Darmin.

Dalam kunjungannya di wilayah perbatasan ini juga, Bupati mengumpulkan sejumlah kepala desa bersama para kepala Puskesmas serta memberikan arahan dan instruksi terkait dengan kerjasama para perangkat desa dengan para petugas medis agar memberikan layanan yang terbaik bagi para petugas penjaga perbatasan serta melakukan hubungan sinergitas yang baik dengan semua pihak baik TNI/Polri maupun para pemerhati lainnya sehingga pencegahan COVID-19 di wilayah perbatasan dapat berjalan dengan baik.

“Dengan bantuan semua pihak, bahu-membahu, bukan saja hanya saling menyebarkan informasi-informasi yang tidak benar kepada masyarakat, melainkan aksi nyata, perbuatan yang dapat menolong sesama serta Kabupaten Poso agar dengan pertolongan Tuhan, dapat terhindar dari penyebaran virus ini,” ujar Darmin.

Tak henti-hentinya Bupati memberikan informasi kepada masyarakat yang ditemuinya agar selalu mawas diri terhadap penyebaran virus ini dengan rajin membersihkan diri sebelum dan sesudah melakukan aktivitas di luar, memelihara kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat, mengonsumsi buah-buahan dan sayu-sayuran, serta menjaga jarak (sosial distancing) serta melakukan olahraga dan istirahat yang teratur agar dapat meningkatkan system imun.

“Apa yang kami lakukan pada dasarnya adalah selain bentuk real kepedulian Pemerintah Daerah terhadap pandemic ini, juga sebagai bentuk beban moril tanggung jawab kami selaku Pemerintah Daerah untuk memastikan masyarakat Kabupaten Poso dapat mengenal dengan jelas tentang virus ini serta mengetahui dengan benar pula cara-cara penyebarannya sehingga masyarakat yang ada di wilayah perbatasan pun tau benar apa yang harus dilakukan terkait dengan pencegahan penyebaran virus ini,” ujar Darmin.

Pemerintah Daerah memastikan semua keadaan dan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Poso bahkan sampai di wilayah perbatasan pun dapat terpenuhi dengan baik. (GP)


Di hari kedua Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu meninjau lokasi perbatasan di wilayah Desa Tambarana Poso Pesisir Utara yang merupakan perbatasan Kabupaten Poso dengan Parimo dan Desa Malei Kecamatan Lage (perbatasan Kabupaten Poso dengan Touna), Senin (30/3), masih didampingi oleh Satuan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Poso bersama beberapa anggota DPRD Kabupaten Poso.

Didampingi beberapa pimpinan OPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Poso, Bupati Poso dengan membawa serta sejumlah bantuan APD seperti masker, pakaian pengaman, alat semprot, antiseptik dan disinfektan serta kebutuhan makanan,  sekaligus mengecheck satu per satu setiap pelayanan yang dilakukan di perbatasan, mulai dari penyemprotan hingga pemeriksaan kesehatan para pendatang atau warga yang melakukan perjalanan ke Kabupaten Poso.

Kunjungan Bupati Poso bersama Gugus Tugas ini masih dalam rangkaian kepedulian pemerintah daerah terhadap pencegahan masuknya penyebaran covid-19 di pintu-pintu perbatasan serta perhatian terhadap para petugas di wilayah perbatasan.

Darmin mengecheck langsung serta memberikan arahan kepada para petugas perbatasan dalam memberikan layananan penyemprotan serta pemeriksaaan kesehatan bagi para pendatang.

Kunjungan lapangan tersebut bagi Darmin tidak ingin menerima laporan dari tim yang berada di lapangan, melainkan melihat situasi serta kondisi langsung yang dihadapi di wilayah perbatasan karena merupakan hal yang sangat sulit diputuskan di tengah keberadaan sesuai adanya protocol vip dalam penanganan covid-19.


“Kami hadir di sini untuk memberikan penguatan serta dorongan semangat kepada para petugas di lapangan karena sejatinya dalam pencegahan penyebaran covid-19 di Kabupaten Poso, para petugas di perbatasan inilah yang merupakan garda terdepan menjaga pintu masuk di Tana Poso,” ujar Darmin.

Keseriusan Pemda kerja sama dengan berbagai pihak dalam pencegahan serta penanganan pandemik COVID-19 ini merupakan bentuk sinergitas yang dibangun bersama melawan penyebaran virus ini dan bukanlah hal yang main-main dalam menetapkan sebuah kebijakan dimana semua masyarakat yang dihimbau untuk memperkecil aktivitas di luar rumah, namun Pemda berupaya berbagai cara untuk senantisa memastikan semua pelayanan terhadap pencegahan dan penanganan covid-19 di Kabupaten Poso ini dapat berjalan dengan baik dan salah satunya dengan mengunjungi serta memberikan bantuan langsung kepada para petugas di lapangans. (GP)
Pewarta :
Editor : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar